Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencegahan Komplikasi Hipertensi Dibahas Pakar se Asia Afrika

Kompas.com - 04/06/2015, 18:33 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


NUSA DUA, KOMPAS.com- Pengendalian penyakit hipertensi dengan mencegah komplikasinya akan dibahas di kongres hipertensi yang akan dihadiri oleh pakar hipertensi se Asia Pasifik di Nusa Dua Bali pada 4-7 Mei 2015. Acara pembukaan akan diadakan besok yang juga digelar pameran di lokasi acara.

"Hipertensi masih menjadi masalah di Indonesia. Masih banyak penderita hipertensi akan datang sudah dengan komplikasinya seperti penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Penanganan harus dioptimalkan sesuai dengan ilmu kedokteran yang berbasis ilmiah. Dan akan dibahas dalam pertemuan ini," kata ketua InaSH (Perhimpunan Hipertensi Indonesia), dr. Nani Hersunarti, SpJP, FIHA, Nusa Dua, Bali, Kamis (4/6/2015).

Pakar penyakit kardiovaskular dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP menyampaikan bahwa saat ini terdapat pergeseran pola makan yang mengarah pada makanan yang cepat saji dan yang diawetkan, yang diketahui banyak banyak mengandung garam seperti kerupuk, kecap, sambal botol.

InaSH di berbagai kesempatan terus melakukan promosi dan edukasi kepada masyarakat agar hidup sehat dan diet sehat dengan makanan tinggi buah, sayuran, rendah lemak jenuh dan kolesterol, rendah garam dan produk susu rendah lemak.

"Anak saat ini kurang aktif secara fisik dan kesemuanya akan mendorong ke arah obesitas dan pergeseran kejadian hipertensi pada usia yang lebih muda," dokter Arieska.

Perhimpunan Hipertensi Indonesia atau Society of Hipertensi (InaSH) dengan sumber swadaya yang ada berkomitmen menanggulangi masalah hipertensi di Indonesia melalui berbagai kegiatan ilmiah dan sosial kemasyarakatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com