Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Perawat Lansia Asal Indonesia di Jepang

Kompas.com - 11/06/2015, 09:43 WIB
Dian Maharani

Penulis

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Perawat lanjut usia (lansia) atau care worker asal Indonesia sangat dibutuhkan di Jepang. Tingkat kelulusan para care worker asal Indonesia di Jepang pun selama ini cukup memuaskan.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengungkapkan, tingkat kelulusan para care worker Indonesia di Jepang mencapai 65,7 persen. Jumlah ini melebihi tingkat kelulusan care worker dari negara lain, seperti Filipina dan Vietnam, bahkan Jepang sendiri yang hanya 61 persen.

“Itu membuktikan bahwa kualitas dan skill teman-teman kita di Indonesia sesungguhnya bertaraf internasional,” ujar Nusron dalam acara pelepasan calon perawat di rumah Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Namun, sayangnya tingkat kelulusan untuk perawat masih di bawah 10 persen. Meski demikian, Nusron meminta para calon perawat dan care worker di Jepang untuk tetap percaya diri dan dapat berjuang meningkatkan kemampuan.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, berharap para perawat pun nantinya dapat lulus ujian nasional di Jepang. Menurut Tanizaki, tantangan terbesar para perawat selama ini adalah kemampuan berbahasa Jepang.

“Cara paling mudah, berteman dengan orang jepang. Saya berharap para calon mendapat teman orang Jepang sebanyak mungkin dan bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang,” imbuhnya.

Tahun ini, melalui kerja sama Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), Indonesia mengirim 278 TKI perawat ke Jepang. Sebanyak 66 orang untuk ditempatkan sebagai calon perawat di klinik maupun rumah sakit dan 212 orang sebagai perawat lansia di panti jompo.

Sebanyak 278 TKI perawat ini telah melewati berbagai tahapan seleksi. Salah satunya adalah proses matching atau kecocokan antara calon perawat dan pihak rumah sakit, klinik, maupun panti jompo yang akan mereka tempati. Mereka juga telah diberi pelatihan Bahasa Jepang selama 6 bulan sebelum diberangkatkan.

Di Jepang, para calon perawat akan berkerja dengan status magang terlebih dahulu. Mereka harus menempuh ujian nasional di Jepang untuk bisa menjadi perawat.

Aang Nurzaman (24), salah satu calon perawat, mengaku ingin mendapat pengalaman lebih di Jepang. Pria lulusan D-3 Akademi Keperawatan YPIB Majalengka ini juga berharap lulus sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Aang memilih menjadi care worker karena pengalamannya sebagai perawat baru satu tahun.

Sama halnya dengan Maria Yunita Goma (24), lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Husada Mandiri, Kupang, Nusa Tenggara Timur. “Ingin membantu ekonomi keluarga. Ingin mempelajari teknologi keperawatan di Jepang juga. Semoga bisa lulus ujian nasional,” kata Yunita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com