Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Kesuburan

Kompas.com - 17/10/2015, 13:00 WIB
KOMPAS.com — Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, Anda mungkin sering mendengar kiat-kiat dari orang terdekat yang diklaim bisa memperbesar kemungkinan hamil. Terkadang, tips tersebut terdengar absurd dan tidak masuk akal.

Nasihat "standar" untuk mereka yang ingin hamil antara lain kurang berat badan, jangan merokok, dan hindari stres. Tetapi, ada juga saran-saran yang walau terdengar aneh tetapi telah dibuktikan lewat penelitian bisa meningkatkan peluang kehamilan.

- Kurangi olahraga
Olahraga adalah hal yang baik. Tetapi, seperti banyak hal lainnya, sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk. Penelitian tahun 2012 mengungkap, wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga berat (seperti lari, berenang, atau bersepeda) selama 5 jam setiap minggu ternyata lebih susah hamil.

"Lakukan variasi olahraga Anda dengan jenis latihan yang ringan seperti yoga, pilates, atau angkat beban ringan. Jangan lupa beri waktu libur olahraga," kata James Grifo, Direktur Program NYU Langone Fertility Center.

- Sarapan besar
Sebuah penelitian tahun 2013 menyebutkan, mengonsumsi sarapan sehat akan meningkatkan peluang kehamilan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Sarapan yang dianjurkan adalah yang lengkap nutrisinya dan juga kalorinya sedikit lebih banyak dari biasanya.

- Variasi seks
Banyak orang yang yakin bahwa posisi seks misionari (pria di atas) akan membuat sperma lebih optimal dalam berenang. Tetapi, sebenarnya posisi seks tidak berdampak pada kemungkinan hamil. Para ahli merekomendasikan untuk berhubungan seksual setiap dua atau tiga hari sekali untuk memperbesar kemungkinan hamil pada masa subur. Hubungan seks setiap hari justru bisa menyebabkan stres.

- Tidur dalam gelap
Tahukah Anda, cahaya buatan saat malam (misalnya pendaran cahaya dari gadget atau lampu jalanan) bisa mengganggu kualitas tidur dan juga kemungkinan terjadinya pembuahan.

Cahaya pada malam hari bisa mengurangi produksi hormon melatonin. Hormon tersebut bukan hanya membuat kita mengantuk, melainkan juga melindungi sel telur dari efek radikal bebas. "Jika seorang wanita sedang berusaha hamil, tidurlah 8 jam saat malam dengan kamar yang gelap," kata Russel J Reiter, peneliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com