Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Jumlah Kalori Opor Ayam sampai Rendang

Kompas.com - 04/07/2016, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran tinggal menghitung hari. Para ibu di rumah pun mulai sibuk menyiapkan hidangan khas untuk menyambut hari raya. Biasanya, dalam satu meja makan sudah disiapkan berbagai macam lauk pauk untuk teman makan ketupat.

Sebelum Anda menyantap hidangan lezat tersebut, ada baiknya mengetahui jumlah kalorinya dulu.

Berikut perkiraan atau rata-rata jumlah kalori dalam hidangan lebaran per 100 gram seperti diungkapkan dokter gizi dari Universitas Indonesia Dr. dr. Saptawati Bardosono, Msc saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/7/2016).

1. Rendang

Makanan asal tanah minang ini menjadi salah satu menu wajib saat lebaran. Rendang yang berbahan daging sapi ini mengandung sekitar 193 kalori per 100 gram.

2. Opor ayam

Tak lengkap rasanya, hidangan lebaran tanpa opor ayam. Opor ayam yang diibuat dengan kuah santan ini ternyata mengandung kalori cukup tinggi, yaitu sekitar 203 kalori.

3. Semur daging

Semur daging juga menjadi salah satu hidangan yang paling sering ditemui saat lebaran. Dalam 100 gram semur daging mengandung sekitar 132 kalori.

4. Sambal goreng hati

Sambal goreng hati yang biasanya dimasak dengan kentang dipotong dadu ini memiliki jumlah kalori per 100 gram sekitar163 kalori.

5. Sayur lodeh

Sayur lodeh selalu menjadi hidangan lebaran untuk pelengkap makan ketupat. Untuk sayur lodeh sendiri, per 100 gram mencapai sekitar 50 kalori.

Nah, sebaiknya hindari menyantap hidangan lebaran terlalu berlebihan. Dokter yang akrab disapa Tati ini mengatakan, aturlah pola makam bergizi seimbang seperti biasa. Bila berlebihan, dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula darah, lemak, dan tekanan darah.

Apalagi jika memang memiliki diabetes, kolesterol tinggi, hingga hipertensi. "Jadi seimbang dalam asupan kalori dari karbohidrat, protein dan lemak. Diimbangi juga dengan asupan sayur, buah, dan air serta aktivitas fisik," imbuh Tati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com