Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2016, 21:09 WIB

KOMPAS.com - Kaki bengkak menjadi keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Biasanya pembengkakkan terjadi pada kaki, pergelangan kaki, lengan hingga tangan. Ternyata kondisi ini normal terjadi.

Saat hamil, cairan tubuh akan meningkat untuk menjaga tumbuh kembang janin. Namun, kadang kali cairan tersebut menumpuk pada bagian yang penuh lekukan dan jepitan seperti kaki dan tangan.

Perkembangan janin juga menyebabkan tekanan pada daerah panggul. Maka dari itu, jangan heran jika tekanan tersebut menyebabkan bengkak pada bagian tertentu. Selain kondisi ini, ada beberapa penyebab kaki bengkak yang perlu diperhatikan.

Selain cairan, darah juga semakin meningkat. Besarnya tekanan darah membuat pembuluh darah kecil mungkin bocor ke jaringan di dekatnya. Akumulasi cairan menyebabkan bagian tertentu menjadi lebih bengkak.

Selain itu, pembengkakkan juga menjadi tanda bahwa Anda mengalami tekanan darah tinggi. Kelebihan asupan garam juga bisa saja menyebabkan kaki membengkak. Untuk itu, pola makan perlu diperhatikan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Pemilihan sepatu juga bisa menyebabkan masalah pada kaki saat hamil. Anda perlu memilih sepatu yang datar, lembut dan tidak sempit. Pilih sepatu yang nyaman apalagi jika Anda tetap aktif saat hamil.

Sepatu yang tak nyaman semakin meningkatkan peluang menumpuknya cairan pada titik tertentu. Mengangkat kaki sejenak bisa mengatasi kondisi kaki bengkak. Mengangkat kaki selama 20 menit setiap hari akan membuat sirkulasi cairan menjadi lebih lancar.

Merendam kaki dengan air hangat dapat mengatasi penyebab kaki bengkak saat hamil. Air hangat dapat meringankan tekanan pada pembuluh darah. Hindari pula berdiri atau duduk terlalu lama.

Duduk dengan kursi yang pendek juga harus dihindari karena membatasi sirkulasi cairan dalam tubuh. Anda pun harus menghindari berjalan dengan kaki telanjang, menggunakan kaus kaki terlalu ketat atau membiarkan kaki dalam suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com