Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum "Coffee Latte" Tanpa Takut Berat Badan Naik

Kompas.com - 12/10/2016, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Perpaduan susu dan gula pada latte dari gerai kopi seringkali jadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Namun dengan perubahan kecil ini, peneliti memberikan kabar baik untuk Anda pecinta latte.

Peneliti dari Rutgers University melacak jumlah konsumsi harian latte jenis regular dan "lite" milik Dunkin Donuts di kalangan mahasiswa selama beberapa minggu.

Di fase penelitian berikutnya yang berlangsung selama 10 hari, karyawan Dunkin diminta untuk menanyakan kepada pelanggan "Apakah Anda ingin mencoba latte versi lite?" ketika pembeli mereka memesan latte.

Latte versi lite sendiri menggunakan susu skim, sedang versi regular menggunakan full cream.

Walau tak tampak seperti masalah besar, namun latte regular ukuran sedang 16-ons milik Dunkin mengandung 170 kalori dan 9 gram lemak, sedangkan versi lite memiliki 110 kalori dan tanpa lemak.

Sehingga, jika Anda rutin mengonsumsi latte selama lima hari dalam seminggu dan memiliki opsi susu skim, Anda dapat menghemat 4.550 kalori per tahun dan menghindari kenaikan berat badan 1-2 kilogram per tahun. Dan “membatalkan” kenaikan berat badan hingga 2 kilogram per tahun sudah sangat baik bagi kesehatan.

Kenyataannya, sebagian besar peminum kopi umumnya mengonsumsi kopi tujuh hari dalam seminggu. Dan jika Anda memilih varian yang lebih “ringan” setiap hari, maka lebih dari dua kali lipat kemungkinan berat badan Anda akan tetap stabil.

Jika Anda mulai melakukan pendekatan ini di semua jenis makanan, seperti hanya menggunakan satu lembar roti untuk sandwich Anda—bukan 2 roti—Anda bisa melihat hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com