Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2016, 20:09 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kontrasepsi intraurin atau IUD adalah salah satu dari sekian banyak metode KB yang disetujui oleh American Academy of Pediatric.

"Intraurin adalah metode kontrasepsi alternatif yang sangat baik untuk dijadikan pilihan oleh wanita usia muda sampai 50-an" kata Julie Strickland, M.D., M.P.H., profesor kebidanan dan ginekologi di University of Missouri-Kansas City. Berikut ini alasannya:

Benar-benar aman

Di awal-awal kemunculannya, IUD dikaitkan dengan komplikasi seperti masalah kesuburan dan infeksi panggul. Tetapi, hal itu sudah berlalu sejak tahun 1960-an. Ketika IUD diperkenalkan kembali, ada beberapa ketentuan tentang siapa yang layak untuk menggunakan intraurin.

"Pada 1980-an dan seterusnya, Organisasi Kesehatan Dunia telah melonggarkan pembatasan tersebut. Para dokter memonitor pasien dengan sangat ketat untuk mengurangi risiko infeksi panggul yang disebabkan oleh IUD, dan IUD tidak memengaruhi kesuburan setelah Anda melepaskannya, "kata Strickland.

Pemasangannya mungkin sedikit sakit, tapi masih bisa diatasi

Meskipun prosesnya cepat, pemasangan IUD secara teknis termasuk prosedur bedah minor. Dokter menggunakan spekulum untuk menemukan leher rahim, kemudian melebarkannya dan memasukkan IUD melalui saluran serviks dan menempatkannya di dalam rahim. Kebanyakan wanita akan mengalami kram, mirip ketika mereka haid.

"Biasanya, kami meminta pasien minum obat penghilang nyeri ibuprofen terlebih dahulu. Dalam kasus yang jarang terjadi, kami memberikan anestesi seperti yang Anda dapatkan jika pergi ke dokter gigi. Tetapi, secara umum hal itu sebenarnya tidak perlu," kata Strickland.

Ada juga obat-obatan resep dokter yang bisa melunakkan leher rahim dan membuatnya lebih mudah untuk membesar. Namun, studi-studi yang ada masih pro dan kontra apakah pemberian obat ini efektif atau tidak.

Anda bisa memakainya meski belum punya anak

Tidak ada pembatasan berdasarkan usia atau apakah seorang wanita sudah punya anak atau belum. Pemasangan IUD memang lebih mudah pada wanita yang sudah melahirkan karena leher rahim mereka telah melebar.

"Namun, wanita yang belum pernah melahirkan dan ingin menggunakan IUD, tentu saja bisa," kata Strickland.

Bisa dilepas

"IUD ini hanya efektif ketika ada di dalam tubuh Anda," kata Strickland. IUD berbentuk seperti huruf T yang fleksibel, untuk membantu menyesuaikan dengan bentuk rahim dan mudah juga dikeluarkan. Begitu keluar, siklus hormonal akan kembali seperti semula.

Jika Anda menggunakan IUD non-hormonal, kesuburan Anda akan kembali dalam waktu sekitar satu bulan. Jika Anda menggunakan IUD hormonal, biasanya kesuburan Anda akan kembali dalam waktu hingga tiga bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com