Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2016, 09:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com — Yoga, latihan penyatuan pikiran dan tubuh yang didasarkan pada filosofi India kuno, saat ini masuk ke daftar warisan dunia nonbenda.

Olah tubuh dan jiwa tersebut masuk ke daftar bergengsi itu karena pengakuan pengaruhnya terhadap masyarakat India, mulai dari manfaat untuk kesehatan, pengobatan, hingga ke pendidikan dan seni. Demikian pernyataan komite warisan dunia.

"Dirancang untuk membantu setiap orang membangun kesadaran diri, meringankan segala penderitaan yang dialami, dan mengalami pembebasan, yoga dipraktikkan tua dan muda tanpa membedakan jenis kelamin, kelas, atau agama," imbuh pernyataan UNESCO.

Daftar warisan nonbenda ini dibuat sepuluh tahun lalu, tujuan utamanya meningkatkan kesadaran akan warisan penting tersebut. UNESCO pun kadang memberikan bantuan finansial atau teknis bagi negara yang berjuang melindungi warisan tersebut.

Hari Rabu lalu, badan PBB yang berbasis di Paris itu menambah dansa rumba dari Kuba dan budaya bir Belgia ke dalam daftar tersebut. Termasuk juga dalam daftar itu adalah diet Mediterania, opera Peking, dan tari gunting dari Peru.

Sementara itu, UNESCO mulai mengumpulkan daftar warisan dunia budaya dan alam, termasuk properti fisik, seperti Angkor Wat dari Kamboja ataupun Grand Canyon dari Amerika serikat pada 1972.

Daftar itu saat ini terdiri dari 814 situs budaya, 203 warisan alam, dan 35 warisan dengan kualitas alam serta budaya, seperti taman nasional Uluru dari Australia yang sebelumnya disebut Ayer's Rock.

Komite itu menyimpulkan review mereka terhadap nominasi daftar "perwakilan warisan budaya nonbenda" pada Jumat lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com