Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siklus Menstruasi Pendek, Kapan Perlu Waspada?

Melansir NHS, lamanya siklus haid wanita bisa berbeda-beda. Namun, siklus menstruasi umumnya terjadi setiap 28 hari.

Siklus menstruasi masih dianggap normal apabila jarak antarperiode haid berkisar antara 21 hari sampai 40 hari.

Jika kurang dari 21 hari, wanita bisa dikatakan memiliki siklus menstruasi pendek. Kondisi ini membuat wanita mengalami menstruasi lebih dari sekali dalam sebulan.

Siklus menstruasi pendek yang normal

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa kelompok wanita yang cenderung merasakan siklus menstruasi pendek.

Siklus menstruasi pendek umumnya dialami remaja yang baru datang bulan.

Pasalnya, remaja masih mengalami perubahan hormon drastis selama masa pubertas.

Menurut penelitian, selang haid pertama, wanita butuh waktu setidaknya enam tahun untuk mendapatkan pola siklus menstruasi yang lebih teratur.

Setelah melewati masa remaja, siklus menstruasi pendek pada wanita berusia 20 tahunan atau 30 tahunan masih dikatakan normal apabila hanya terjadi sesekali.

Selain itu, wanita yang akan mengalami menopause juga bisa mengalami menstruasi lebih dari dua kali dalam sebulan, lebih jarang menstruasi, atau telat haid.

Seperti pada remaja yang baru haid, wanita yang akan memasuki masa menopause juga mengalami perubahan hormon secara drastis. Perubahan ini bisa terjadi selama beberapa tahun.

Di luar kondisi tersebut, siklus menstruasi pendek perlu mendapat perhatian ekstra.

Haid umumnya juga tidak normal apabila wanita mengalami pendarahan hebat dengan gejala munculnya gumpalan darah yang ukurannya seperempat bagian pembalut.

Menstruasi juga dikatakan tidak normal apabila pendarahan wanita sampai memerlukan ganti pembalut setiap jam karena tampungan darah sudah penuh.

Tak hanya siklus menstruasi pendek dan pendarahan tidak normal, wanita juga perlu berkonsultasi ke dokter apabila merasakan gejala:

Siklus menstruasi pendek dan pendarahan tak normal dapat menyebabkan anemia atau darah rendah.

Selain itu, masalah kesehatan reproduksi wanita ini juga bisa jadi gejala suatu penyakit seperti endometriosis, masalah tiroid, atau fibroid uterus.

Jangan sepelekan masalah kesehatan reproduksi wanita ini. Para wanita ada baiknya melakukan pemeriksaan panggul secara berkala.

https://health.kompas.com/read/2020/10/04/090900368/siklus-menstruasi-pendek-kapan-perlu-waspada-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke