Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menghilangkan Lemak di Wajah secara Alami

KOMPAS.com – Beberapa orang mungkin menganggap punya pipi tembam adalah sesuatu yang menarik karena menilai dapat menimbulkan kesan terlihat lebih muda dan imut.

Tapi, sebagian orang lainnya mungkin beranggapan punya pipi chubby adalah sebuah musibah karena bisa membuat pepenampilan terlihat gemuk hingga mengurangi rasa percaya diri.

Maka tak heran jika ada orang yang mencari cara menghilangkan lemak di wajah.

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, lemak memang bisa juga terakumulasi di wajah.

Dalam kebanyakan kasus, bertambahnya lemak di sekitar wajah adalah akibat dari bertambahnya lemak di seluruh tubuh.

Untungnya, tersedia beberapa stretegi yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak di wajah tersebut.

Membuat perubahan gaya hidup tertentu diyakini dapat membantu seseorang mendapatkan wajah yang tampak lebih ramping.

Berikut ini adalah beragam pilihan cara menghilangkan lemak di wajah yang dapat dilakukan:

1. Lakukan senam wajah

Melansir Health Line, senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Menambahkan senam wajah ke dalam rutinitas Anda juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah Anda tampak lebih ramping.

Beberapa latihan senam wajah paling populer yang dapat dilakukan, yakni:

  • Meniup atau menggelembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain
  • Monyongkan bibir seperti ketika hendak mencium seseorang secara bergantian atau gerakakn bibi dari kanan ke kiri
  • Menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus

Meskipun buktinya terbatas, sebuah ulasan yang diterbitakan dalam Aesthetic Surgery Journal pada 2014 melaporkan bahwa senam wajah dapat membangun kekencangan otot di wajah.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama pada 2018, menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Perlu diingat bahwa penelitian tentang efektivitas latihan wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana latihan ini dapat memengaruhi lemak wajah pada manusia.

2. Tambahkan olahraga kardio ke dalam rutinitas

Sering kali, lemak berlebih di wajah Anda disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh.

Dengan demikian, menurunkan berat badan diyakini dapat meningkatkan kehilangan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan wajah Anda.

Olahraga kardio atau aerobik adalah semua jenis aktivitas fisik yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. Ini secara luas dianggap sebagai salah satu metode paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kardio dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kehilangan lemak.

Terlebih lagi, sebuah penelitian dalam International Journal of Obesity pada 2015 menemukan bahwa wanita dengan obesitas mengalami penurunan lemak lebih besar dengan jumlah latihan kardio yang lebih tinggi.

Cobalah untuk melakukan olahraga sedang hingga berat selama 150-300 menit setiap minggu, yang berarti sekitar 20-40 menit olahraga kardio per hari.

Beberapa contoh umum olahraga kardio termasuk berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

3. Minum lebih banyak air

Air minum sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Anda ingin menghilangkan lemak wajah.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Research pada 2018 menemukan bahwa minum air sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

Penelitian lain yang diterbitkan Journal of Clinical and Diagnostic Research pada 2013, menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme untuk sementara.

Artinya, konsumsi air minum dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari, sehingga bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan.

4. Batasi konsumsi alkohol

Konsumsi berlebih alkohol bisa menjadi salah satu kontributor terbesar penumpukan lemak di wajah maupun di perut.

Alkohol merupakan sumber minuman tinggi kalori tetapi rendah nutrisi dan mungkin terkait dengan peningkatan risiko penambahan berat badan.

Menjaga konsumsi alkohol Anda tetap terkendali adalah cara terbaik untuk mengontrol kembung dan penambahan berat badan yang disebabkan alkohol.

5. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebihan yang lebih tinggi.

Sebuah studi pada 277 wanita menunjukkan bahwa asupan karbohidrat olahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dan jumlah lemak perut yang lebih besar. Studi ini telah diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) Open pada 2019.

Meskipun tidak ada penelitian yang melihat secara langsung efek karbohidrat olahan pada lemak wajah, menukarnya dengan biji-bijian diyakini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan secara keseluruhan, yang juga dapat membantu menghilangkan lemak wajah.

6. Pastikan penuhi kebutuhan tidur

Mengejar tidur adalah strategi penurunan berat badan yang penting secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu Anda menghilangkan lemak wajah.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Psychophysiology pada 2015, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, sehingga meningkatkan penyimpanan lemak.

Sementara itu, tidur lebih lama dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Medicine pada 2016 menemukan, bahwa kualitas tidur yang lebih baik dikaitkan dengan pemeliharaan penurunan berat badan yang sukses.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan asupan makanan, menyebabkan penambahan berat badan, dan menurunkan metabolisme.

Idealnya, usahakan untuk tidur setidaknya 7- 8 jam per malam untuk membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan lemak di wajah.

7. Makan lebih banyak serat

Salah satu rekomendasi paling populer sebagai cara mengecilkan pipi atau cara menghilangkan lemak di wajah adalah dengan meningkatkan asupan serat.

Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan Anda, membuat Anda merasa kenyang lebih lama untuk mengekang keinginan ngemil dan menurunkan nafsu makan.

Menurut sebuah penelitian pada 345 orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas, asupan serat yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan dan peningkatan kepatuhan terhadap diet rendah kalori. Studi ini telah diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2019.

Ulasan lain dari 62 penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut, yaitu jenis serat yang membentuk gel saat dicampur dengan air, dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang, bahkan tanpa membatasi kalori. Ulasan tersebut tertuang dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2020.

Serat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan polong-polongan.

Idealnya, Anda harus mengonsumsi setidaknya 25-38 gram serat per hari dari sumber makanan ini.

8. Kurangi asupan garam

Melansir Medical News Today, diet tinggi garam dapat menyebabkan tubuh menahan air.

Retensi air menyebabkan pembengkakan dan bengkak di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Ini mungkin memberi ilusi lemak wajah berlebih.

Orang yang mencurigai dirinya sensitif terhadap retensi cairan sebaiknya mencoba menghindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Ini termasuk sebagian besar makanan olahan dan camilan.

Menyiapkan makanan dan kudapan di rumah memberi orang kendali yang lebih besar atas jumlah garam dalam makanan mereka.

Saat tubuh berhenti menahan cairan, wajah akan mulai terlihat lebih ramping.

https://health.kompas.com/read/2021/01/04/080500968/8-cara-menghilangkan-lemak-di-wajah-secara-alami

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke