Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Meningkatkan Hormon Endorfin Pereda Rasa Sakit dan Stres

KOMPAS.com – Endorfin adalah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk menghilangkan stres dan rasa sakit.

Endorfin bekerja mirip dengan kelas obat yang disebut opioid.

Opioid bekerja dengan menghilangkan rasa sakit dan dapat menghaslikan perasaan euforia. Obat ini kadang-kadang diresepkan untuk penggunaan jangka pendek setelah operasi atau untuk menghilangkan rasa sakit.

Melansir Very Well Health, istilah endorphin beradal dari dari dua kata, yakni endogenous yang berarti berasal “dari tubuh” dan morphine yang merupakan “pereda nyeri opioid”.

Beberapa obat opioid yang lebih umum termasuk:

  • Oksikodon
  • Hidrokodon
  • Kodein
  • Morfin
  • Fentanil

Beberapa obat-obatan terlarang, seperti heroin juga merupakan opioid. Baik obat opioid legal maupun ilegal memiliki risiko tinggi menyebabkan kecanduan, overdosis, dan kematian.

Sementara, endorfin alami bekerja mirip dengan pereda nyeri opioid, tetapi hasilnya mungkin tidak sedramatis itu.

Cara meningkatkan pelepasan endorfin

Endorfin merupakan sekelompok peptida yang diproduksi oleh kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat kita.

Neurotransmiter yang kadang-kadang dianggap sebagai hormon ini dapat bertindak untuk meningkatkan perasaan senang dan sejahtera, serta untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Endorfin memang bisa memiliki banyak efek positif dalam hal kesehatan dan kesejahteraan kita.

Di bawah ini adalah daftar beberapa dari banyak manfaat endorfin yang bisa kita dapatkan:

  • Mengurangi depresi
  • Mengurangi kecemasan
  • Peningkatan harga diri
  • Regulasi atau modulasi nafsu makan
  • Meningkatkan respon imun
  • Mengurangi rasa sakit

Untuk meningkatkan pelepasan endorfin di tubuh, tersedia beberapa cara alami yang bisa kita lakukan.

Berikut ini beberapa cara meningkatkan hormon endorfin:

1. Melakukan olahraga rutin

Dilansir dari Medical News Today, selama bertahun-tahun, para peneliti menduga bahwa endorfin menyebabkan apa yang disebut sebagai "runner's high", yakni perasaan euforia yang terjadi setelah aktivitas fisik lama dan kuat.

Namun, pengukuran endorfin pada manusia tidak mungkin dilakukan hingga 2008, ketika teknologi pencitraan baru tersedia.

Para peneliti menggunakan pemindaian positron emission tomography (PET) untuk melihat otak atlet sebelum dan sesudah berolahraga. Mereka menemukan peningkatan pelepasan endorfin setelah berolahraga.

Karena olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan endorfin, beberapa profesional medis meresepkan olahraga teratur sebagai pengobatan untuk depresi dan kecemasan ringan hingga sedang.

Olahraga dapat digunakan dengan aman bersama dengan perawatan lain, seperti obat-obatan atau terapi, dan juga dapat digunakan sendiri.

Sebua studi bahkan menemukan bahwa olahraga dapat memperbaiki beberapa gejala depresi, mirip dengan antidepresan.

2. Memberi

Menjadi sukarelawan, menyumbang, dan membantu orang lain juga dapat membuat seseorang merasa senang.

Para peneliti di National Institutes of Health (HIH) menemukan bahwa orang yang memberikan uang untuk amal mengaktifkan pusat kesenangan di otak mereka. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar endorfin.

3. Yoga dan meditasi

Meditasi dan yoga dikenal karena efek penghilang stres dan relaksasinya. Ini mungkin sebagian karena pelepasan endorfin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dan meditasi dapat menurunkan penanda stres dan meningkatkan endorfin.

4. Makan makanan pedas

Orang yang menikmati makanan pedas mungkin menemukan bahwa mereka bisa mendapatkan dorongan tambahan dari hidangan favorit mereka.

Beberapa penelitian menemuan bahwa komponen pedas dalam cabai dan makanan serupa dapat memicu sensasi sakit di mulut, yang mendorong peningkatan endorfin.

5. Konsumsi cokekat hitam

Sebuah penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology pada 2013 menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat meningkatkan kadar endorfin.

Bubuk kakao dan cokelat mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid yang tampaknya bermanfaat bagi otak.

Untuk diperhatikan, di pasaran mungkin ada banyak produk cokelat yang bisa dibeli. Beberapa di antaranya mungkin mengandung sedikit kakao asli dan sering kali mengandung banyak gula dan lemak tambahan.

Jika ingin menggunakan cokelat untuk meningkatkan kadar endorfin dan suasana hati, siapa saja harus mencari produk yang mengandung setidaknya 70 persen kakao dan makan cokelat dalam jumlah sedang karena kandungan kalori dan lemaknya yang tinggi.

6. Berhubungan seks

Dilansir dari Health Line, Anda dapat berterima kasih kepada endorfin dan hormon lain, seperti oksitosin saat mendapakan perasaan gembira saat berhubungan seks.

Endorfin yang melonjak dapat membantu menjelaskan mengapa seks menawarkan manfaat lain selain membuat Anda merasa baik, seperti:

  • Pereda sakit
  • Stres berkurang
  • Meningkatkan harga diri

7. Tertawa bersama teman

Tersenyum atau menertawakan sesuatu yang lucu dapat membantu mengangkat suasana hati yang buruk dan menghilangkan perasaan cemas dan stres.

Bahkan ada jenis terapi perilaku kognitif yang disebut sebagai "terapi tawa" untuk membantu mengurangi perasaan stres dan depresi.

Di luar manfaat ini, tertawa bersama orang-orang terdekat juga dapat melepaskan endorfin.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience pada 2017 menemukan bukti baha menonton setengah jam komedi dengan sekelompok teman bisa meningkatkan kadar endorfin.

8. Nikmati sebuah drama

Jika Anda menikmati drama dan cerita lain yang menggerakkan Anda secara emosional, Anda beruntung. Komedi mungkin bukan satu-satunya genre yang dapat meningkatkan kadar endorfin Anda.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Anda mungkin mengalami peningkatan endorfin yang serupa saat menonton film atau acara dramatis.

Mengapa ini terjadi? Nah, menonton sesuatu yang menarik emosi Anda dapat menyebabkan kesedihan, sejenis rasa sakit emosional.

Otak Anda mungkin bereaksi terhadap emosi ini dengan melepaskan endorfin dengan cara yang sama seperti jika Anda mengalami rasa sakit fisik.

9. Berjemur

Sinar matahari memiliki lebih dari satu manfaat kesehatan untuk ditawarkan.

Sinar matahari yang pasti bisa membantu kulit kita menghasilkan vitamin D, nutrisi penting.

Sinar matahari juga dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, yang bisa membantu meningkatkan mood, meningkatkan energi, dan membantu kita mendapatkan tidur yang lebih baik.

Radiasi ultraviolet di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar endorfin.

Tapi ingatlah bahwa, karena radiasi UV dapat meningkatkan risiko kanker kulit, penting untuk menikmati sinar matahari dalam jumlah sedang.

Selalu gunakan tabir surya SPF 15 atau lebih tinggi atau tutupi kulit yang terbuka jika Anda berada di luar ruangan lebih dari 15 menit.

10. Nikmati pijatan

Terapi pijat dapat membantu menghilangkan stres dan bisa membantu memperbaiki gejala beberapa masalah kesehatan fisik, seperti nyeri kronis dan kelelahan.

Terapi pijat juga dapat bermanfaat selama persalinan dengan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kontraksi, yang dapat menyebabkan persalinan lebih pendek.

Manfaat ini terkait dengan berbagai hormon, termasuk endorfin yang dilepaskan oleh pijatan.

11. Mandi air panas

Mandi air panas cukup lama dapat membantu menenangkan Anda setelah melewat hari yang menegangkan atau melelahkan.

Panasnya air dapat membantu meredakan ketegangan dan nyeri pada otot Anda, tetapi juga dapat memicu pelepasan endorfin ke dalam darah Anda.

Selain membantu Anda bersantai, mandi air panas secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menurunkan tekanan darah Anda.

https://health.kompas.com/read/2021/06/22/210200568/11-cara-meningkatkan-hormon-endorfin-pereda-rasa-sakit-dan-stres

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke