Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Penyebab Haid Sebulan 2 Kali, Wanita Perlu Tahu

Kondisi ini dapat membuat wanita khawatir sekaligus bertanya-tanya, haid sebulan dua kali normalkah? Apa saja penyebabnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan siklus haid yang normal dan alasan kenapa wanita sudah haid tapi dalam hitungan hari bisa haid lagi berikut ini.

Mengenal siklus haid normal wanita

Dilansir dari Verywell Health, siklus haid normal wanita berlangsung antara 21 sampai 35 hari sekali.

Siklus haid ini dihitung dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.

Rata-rata wanita memiliki siklus haid 28 hari. Siklus menstruasi masih dianggap normal apabila maju atau terlambat selang seminggu dari rata-rata tersebut.

Kebanyakan wanita memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya. Namun, dengan siklus menstruasi tidak teratur, wanita bisa haid bisa sebulan dua kali. Sebaliknya, ada juga wanita dalam sebulan tidak haid sama sekali.

Siklus haid remaja putri di masa pubertas atau di bulan-bulan awal haid pertama biasanya cenderung lebih panjang atau bisa lebih dari 35 hari.

Sedangkan siklus menstruasi wanita menjelang menopause biasanya cenderung lebih pendek, atau bisa haid sebulan dua kali atau tiga kali.

Di luar kondisi tersebut, siklus yang tidak teratur ini yang hanya terjadi sesekali biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, wanita usia produktif sebaiknya berkonsultasi ke dokter apabila siklus haidnya tidak normal (kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari).

Penyebab haid sebulan 2 kali

Dilansir dari Women’s Health, kondisi medis sampai penyakit bisa jadi penyebab haid sebulan dua kali atau lebih, di antaranya:

  • Efek alat KB hormonal

Wanita yang baru menggunakan alat kontrasepsi hormonal dapat mengalami haid sebulan dua kali atas lebih. Biasanya, pendarahan beberapa kali sebulan ini ada yang berupa flek coklat.

Selain itu, telat minum pil KB atau melewatkan jadwal KB suntik rutin juga bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur.

  • Kehamilan

Alasan lain haid sebulan dua kali terkadang juga bisa jadi tanda kehamilan.

Seperti diketahui, salah satu tanda-tanda kehamilan yakni keluarnya flek coklat di trimester awal kehamilan.

  • Miom, polip, atau tumor rahim

Gangguan pada rahim seperti tumbuhnya polip, miom, tumor, sampai tumor ganas atau kanker juga bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur, sehingga wanita haid sebulan dua kali atau lebih.

Selain siklus haid tidak teratur, gejala gangguan rahim ini di antaranya nyeri saat berhubungan seks, kerap nyeri punggung, perut kembung, dan anemia.

  • Infeksi organ reproduksi

Haid sebulan dua kali juga bisa jadi tanda infeksi vagina, infeksi serviks atau leher rahim, atau infeksi menular seksual.

Selain siklus haid tidak teratur, wanita yang mengalami infeksi di organ reproduksinya juga mengalami gejala keputihan bau tak sedap, vagina gatal atau terasa panas, terutama saat buang air kecil.

  • Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) atau terlalu aktif (hipertiroid) sama-sama bisa menyebabkan haid sebulan dua kali.

Perlu diketahui, kelenjar tiroid diatur oleh hormon yang dihasilkan dan dikontrol bagian otak bernama hipofisis dan hipotalamus. Bagian otak ini turut mengontrol menstruasi dan ovulasi wanita.

Sehingga, ketika kelenjar tiroid bermasalah, ada kemungkinan siklus haid wanita turut terpengaruh.

  • Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan keseimbangan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron yang memengaruhi reproduksi wanita.

Gejala sindrom ovarium polikistik di antaranya haid tidak teratur atau haid sebulan dua kali, jerawat tak kunjung sembuh, rambut rontok, berat badan tidak terkontrol, dan ada gangguan kesuburan.

  • Stres

Stres atau sedang banyak tekanan juga bisa menyebabkan haid sebulan dua kali atau tidak haid sama sekali dalam sebulan.

Perlu diketahui, hormon yang merangsang ovarium untuk berovulasi berasal dari otak. Bagian otak ini turut mengontrol stres, sehingga dua kondisi ini saling berkaitan.

  • Gangguan ritme sirkadian

Tubuh memiliki jam biologis bernama ritme sirkadian yang mengontrol kapan waktunya tidur, bangun, metabolisme, sampai proses pencernaan tubuh.

Ritme ini setiap hari disesuaikan dan diatur gelap terang selama 24 jam. Seseorang bisa mengalami gangguan ritme sirkadian ketika bekerja di sif malam, jet lag setelah berpergian, bedagang, dll.

Gangguan ritme sirkadian bisa menyebabkan siklus haid wanita tidak teratur, termasuk haid sebulan dua kali.

  • Berat badan berubah drastis

Kenaikan atau penurunan berat badan yang berlangsung dalam waktu relatif singkat juga dapat memengaruhi hormon yang mengontrol siklus haid.

Selain itu, wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas juga rentan mengalami haid sebulan dua kali atau tidak haid sama sekali dalam sebulan.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan haid sebulan bisa dua kali atau lebih.

Selain siklus haid tidak teratur, gejala endometriosis lainnya yakni haid terasa sangat sakit, sering mual, kelelahan, nyeri saat berhubungan seks, dan buang air besar terasa sakit.

Kapan wanita perlu waspada dengan haid sebulan 2 kali?

Wanita dengan siklus haid tidak teratur sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika:

  • Haid sebulan dua kali padahal belum akan menopause atau tidak dalam masa pubertas
  • Haid sebulan dua kali terjadi berulang kali dan penyebabnya tidak jelas
  • Lamanya haid lebih dari delapan hari
  • Haid terasa sangat sakit dan berat

Ketika berkonsultasi ke dokter, pastikan wanita menyertakan jadwal kapan mulai haid dan berhenti haid dalam beberapa bulan terakhir. Sampaikan juga gejala selain siklus haid tidak teratur.

Dari keluhan pasien, biasanya dokter dapat mengidentifikasi penyebab haid sebulan dua kali dan normal tidaknya kondisi ini.

Sebelum menegakkan diagnosis, selain pemeriksaan fisik, dokter biasanya juga menyarankan pemeriksaan kesehatan di laboratorium.

https://health.kompas.com/read/2022/02/27/120100168/10-penyebab-haid-sebulan-2-kali-wanita-perlu-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+