Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Ampuh dan Praktis

Pasalnya, tenggorokan sakit saat menelan rasanya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama saat digunakan untuk makan, minum, tidur, atau bicara.

Jadi, ketimbang pergi ke apotek atau toko obat terdekat, orang lebih suka menggunakan cara alami mengatasi sakit tenggorokan ini.

Simak beberapa pertolongan pertama obat untuk tenggorokan sakit berikut kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Obat sakit tenggorokan alami

Ada beberapa obat untuk tenggorokan sakit alami yang ampuh dan praktis dijajal di rumah, antara lain:

  • Minuman hangat

Dilansir dari Cleveland Clinic, minuman hangat seperti wedang rempah atau kuah kaldu bisa membantu membersihkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Selain itu, suhu hangat juga bisa mencegah infeksi sinus dan mengurangi batuk dengan cara menenangkan bagian belakang tenggorokan.

  • Larutan garam

Larutan garam atau campuran segelas air hangat yang diberi setengah sendok teh garam bisa digunakan untuk berkumur.

Dilansir dari Healthline, kumur dengan larutan garam satu jam sekali bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan, memecah lendir yang menggumpal di tenggorokan, dan membunuh bakteri di tenggorokan.

  • Soda kue

Seperti larutan garam, larutan soda kue juga bisa digunakan untuk berkumur saat sakit tenggorokan kambuh.

Caranya mudah. Siapkan satu gelas air hangat, tambahkan 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. Aduk rata, lalu gunakan untuk berkumur, kemudian bilas kumur dengan air bersih. Ulangi tiga atau empat kali sehari.

  • Teh chamomile

Seduhan teh chamomile bisa digunakan sebagai minuman herbal obat sakit tenggorokan alami.

Teh tanpa kafein yang dibuat dari bunga chamomile ini bisa membantu meredakan gejala pilek dan membantu mengatasi sakit tenggorokan karena memiliki formula anti-peradangan dan antioksidan.

  • Teh peppermint

Seperti teh chamomile, teh peppermint juga memiliki formula anti-bakteri, antivirus, dan antiperadangan.

Selain itu, peppermint mengandung senyawa mentol yang bisa membantu mengencerkan lendir dan mengatasi sakit tenggorokan dan batuk.

  • Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang bisa jadi pembasmi bakteri dan infeksi.

Anda bisa memetik manfaat bawang putih untuk obat sakit tenggorokan alami dengan cara mengunyah langsung bawang putih, atau menggunakannya sebagai bumbu masakan.

  • Madu

Madu yang dicampurkan ke dalam segelas minuman hangat juga bisa jadi obat tenggorokan sakit dan batuk alami.

Namun, perlu diingat. Obat sakit tenggorokan alami ini tidak boleh diberikan untuk bayi di bawah 1 tahun, karena bisa meningkatkan risiko botulisme. Di luar itu, madu relatif aman dikonsumsi orang 1 tahun ke atas.

  • Istirahat

Banyak orang meremehkan istirahat. Padahal, istirahat cukup adalah obat alami untuk membantu pemulihan segala jenis penyakit, termasuk saat tenggorokan sakit.

Untuk orang yang sedang sakit tenggorokan, saat istirahat upayakan untuk menggunakan bantalan yang tinggi, atau istirahat sambil bersandar di kursi untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman di tenggorokan.

Kapan perlu waspada dengan sakit tenggorokan?

Anda perlu waspada dan berkonsultasi ke dokter jika sakit tenggorokan:

  • Sangat parah, tak kunjung sembuh, atau sakitnya menjalar sampai ke telinga
  • Susah menelan, sesak napas, atau tidak bisa membuka mulut
  • Disertai batuk darah
  • Kelenjar getah bening bengkak, atau teraba benjolan di bagian leher
  • Disertai demam tinggi
  • Sampai menyebabkan suara hilang lebih dari seminggu

Penyebab tenggorokan sakit bisa berasal dari infeksi bakteri, virus, atau alergi. Cara terbaik mengetahui penyebab tenggorokan sakit yakni dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Umumnya, sakit tenggorokan ringan bisa sembuh setelah menjajal beberapa obat sakit tenggorokan alami seperti yang sudah dijabarkan di atas.

https://health.kompas.com/read/2022/11/02/184000768/8-obat-sakit-tenggorokan-alami-yang-ampuh-dan-praktis

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke