Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Gubernur Terpilih Jangan Patuh ke "Tempat Lain"

Kompas.com - 13/04/2008, 12:12 WIB

BOGOR, MINGGU - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang tampil sebagai pemenang dalam Pilkada untuk mengikuti kebijakan pemerintah pusat dan tidak berorentasi pada " tempat-tempat lain".
   
"Dalam etika demokrasi, siapa pun gubernurnya, kebijakannya lurus, kepada kepala pemerintah, yaitu saya sebagai pemegang amanah presiden, bukan ke tempat-tempat lain," kata Presiden usai menggunakan hak suaranya di TPS 03 Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Minggu (13/4).
    
Presiden juga berharap pemenang Pilkada Provinsi Jabar siap menjalankan amanah rakyat, selain membantu pemerintah pusat untuk meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, mengurangi kemiskinan dan membangun infrastruktur.
    
"Gubernur terpilih juga harus siap menangani persoalan pangan dan energi yang dampaknya kita rasakan saat ini," ujarnya. Gubernur dan wakil gubernur terpilih, lanjut Presiden, juga diharapkan mampu mengayomi, memimpin dan memajukan kehidupan rakyat Jawa Barat.
    
Sedangkan bagi yang kalah, Presiden berpesan agar mereka berbesar hati dan menghormati keputusan-keputusan Pilkada Jabar serta mendorong konstituennya untuk mendukung pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih.
    
Presiden mengatakan akan menyambut baik siapa pun pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jabar yang akan memenangkan Pilkada, untuk mengemban tugas bersama-sama pemerintah pusat.
    
Presiden juga meminta agar para calon peserta pilkada menghormati proses yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan tidak melakukan tekanan-tekanan karena KPU dan KPUD juga bertanggung jawab terhadap masyarakat, negara, dan pemerintah.
    
Dari kediamannya di Puri Cikeas, Presiden menyopir sendiri mobil golf yang ditumpangi oleh Ibu Ani Yudhoyono, anaknya Edhie Baskoro, dan menantunya, Anisa Pohan. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com