Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kebersihan Diri, Cegah Infeksi Enterovirus

Kompas.com - 09/05/2008, 18:26 WIB

 

 

JAKARTA, JUMAT - Enterovirus, termasuk EV 71 yang sekarang banyak dibicarakan, dapat dijumpai dalam ludah, sputum, sekret hidung, cairan vesikel, dan tinja pasien. Namun virus tersebut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Penularan dapat terjadi melalui barang yang terkontaminasi, seperti piring, gelas dan lain-lain. Pasien sangat menular pada minggu pertama sakit, " kata Direktur Pemberantasan Penyakit Menular Langsung Departemen Kesehatan Dr Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Jumat (9/5).

Menurut Tjandra Yoga, orang tua, guru dan pegawai tempat penitipan anak (TPA) dapat terinfeksi melalui tangan dari tinja, dari popok bayi atau balita saat menceboki atau mengganti popok.

Karena itu untuk mencegah, sebaiknya selalu mencuci tangan dengan cara yang benar dengan sabun. Untuk pencegahan di sekolah, tidak ada ketentuan khusus. Pada umumnya dianjurkan anak yang sakit tidak boleh masuk sekolah. Selain itu juga sebaiknya membersihkan alat-alat bermain dengan air dan sabun untuk menghindari penularan melalui alat bermain kepada anak lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com