Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikang Fauzi: Jangan Lecehkan Artis!

Kompas.com - 09/08/2008, 10:56 WIB

JAKARTA, SABTU - Pandangan pesimistis yang dilayangkan terhadap para artis yang terjun ke dunia politik ditanggapi oleh penyanyi Ikang Fauzi. Ikang sendiri mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pemilu 2009 mendatang. Suami Marissa Haque itu mengatakan, banyak orang yang lupa bahwa selama ini artis selalu menjadi garda depan dalam setiap persoalan sosial. Hal ini dilontarkan Ikang dalam diskusi "Artis dan Intelektual Berebut Kursi DPR" di Jakarta, Sabtu (9/8).

"Jangan lecehkan artis! Banyak yang tidak sadar bahwa artis itu punya potensi yang luar biasa, mereka mampu menjadi komunikator yang baik," kata Ikang. Menurut rocker era 1980-an itu, ia sudah mempersiapkan diri untuk menjadi politisi selama 5 tahun terakhir. Ia merasa memenuhi 3 kriteria menjadi politisi, yaitu pendidikan, kualitas. dan siap memberikan pembuktian akan sepak terjangnya di dunia politik.

"Saya sebenarnya sudah ditawari jadi anggota DPR sejak 5 tahun lalu, tapi saya merasa belum siap jadi saya menolak. Sebenarnya, saya sudah mempersiapkan ini (maju menjadi caleg) bertahun-tahun. Selama ini, saya juga banyak terjun di dunia sosial dan bisnis. Lebih kurang, politisi itu hampir sama dengan manajemen bisnis yang saya jalani, yaitu bagaimana mencapai sebuah tujuan," lanjutnya.

Untuk menjadi politisi Senayan, Ikang menyatakan telah menyiapkan 3 perangkat yang menjadi pintu masuk menjadi anggota legislatif, yaitu visi, acceptability, dan responsibility. "Soal visi, artis itu selama ini selalu memberikan sesuatu sesuai demand, begitu juga menjadi politisi, memberikan sesuatu sesuai kebutuhan masyarakat. Acceptability, bagaimana masyarakat menerima kehadiran kita dan responsibility, bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan," kata Ikang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com