Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.000 Takjil Disediakan Istiqlal Selama Ramadhan

Kompas.com - 01/09/2008, 14:29 WIB

JAKARTA, SENIN — Selama Ramadhan, Masjid Istiqlal akan menyediakan 3.000 takjil untuk berbuka puasa bagi masyarakat umum. Setiap hari, di koridor bawah, masyarakat dapat menikmati santapan berbuka puasa ini secara gratis.

"Buka puasa berjamaah merupakan program unggulan kami di setiap Ramadhan," kata Wahyono, Sekretaris Amaliyah Ramadhan Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (1/9).

Saat berbuka puasa minimal akan disediakan teh, susu, dan nasi beserta lauknya. Wahyono mengatakan, para gelandangan dan pengemis (gepeng), musafir, para sopir taksi, dan masyarakat umum sengaja datang untuk buka bersama sejak pukul 17.00. Sebagai pengantar sebelum berbuka puasa mereka akan diberi siraman rohani hingga waktu berbuka tiba.

"Kendala tentu selalu dihadapi dalam kegiatan yang akan dimulai sore ini. Biasanya para jemaah lupa berwudu walaupun sudah kami ingatkan, ditambah lagi gelandangan dan pengemis sulit diatur," tambah Wahyono.

Dana untuk kegiatan ini merupakan dana pribadi Masjid Istiqlal yang sengaja disiapkan untuk menghadapi Ramadhan. "Namun, kami menerima sumbangan dari para donatur, baik berupa bantuan tunai ataupun makanan dan minuman. Sumbangan tersebut akan segera kami salurkan saat berbuka puasa," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com