Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pelupa Saat Hamil Tua

Kompas.com - 10/09/2008, 14:54 WIB

PERUBAHAN kadar estrogen yang terjadi selama kehamilan dapat membuat ibu hamil sering lupa atau hilang konsentrasi, terutama saat kehamilan menginjak bulan-bulan terakhir.

Demikian kesimpulan Dr Galeb Buckwalter dari University of Southern California. Studi ini juga mengungkapkan, karena perubahan hormon, otak ibu saat hamil juga mengalami pengerutan. Tapi ibu-ibu hamil tidak perlu khawatir, perubahan hormon yang berpengaruh pada ingatan yang sering lupa dan hilang konsentrasi ini tidak menyebabkan kecerdasan ibu hamil menurun.

Hanya kemampuan mereka untuk mempelajari informasi baru agak terhambat karena pengaruh hormon estrogen. Otak yang mengerut pun akan mengembang lagi ke ukuran semula, dua bulan setelah persalinan. Setelah itu, daya ingat akan kembali pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com