Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Stres dalam 60 Detik

Kompas.com - 12/09/2008, 15:07 WIB

Baru saja dimarahi si bos, meeting mendadak batal, komputer ngadat. Aduh stres. Sayangnya tak ada waktu untuk menenangkan diri ke kelas yoga. Yang bisa dilakukan adalah mengusir stres pada saat itu juga. Ada beberapa tips untuk melakukannya.

- Dengarkan musik
Pasang headphones dan nyalakan musik dengan nada menenangkan atau lagu dari penyanyi favorit Anda.

- Bersih-bersih
Singkirkan benda-benda yang tidak Anda perlukan dari meja. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wall Street Journal, kalau ditotal setiap pekerja bisa menghabiskan enam minggu dalam setahun untuk mencari dokumen penting yang tertimbun di antara barang yang berserakan di meja. Lawan stres dengan melakukan "aksi" bersih-bersih file di komputer atau meja. Simpan benda-benda yang jarang dipakai dalam wadah khusus atau laci.

- Terapi belanja
Menurut ahli psikologi dari Universitas Emory, kegiatan belanja bisa merangsang dikeluarkannya hormon dopamine yang akan membuat kita lebih relaks dan gembira. Hal yang sama juga berlaku bila Anda melakukan kegiatan belanja secara online. Jadi tanpa perlu meninggalkan meja, Anda bisa dapat keuntungan yang sama.

- Think pink
Membiarkan pikiran melayang dan membayangkan hal menyenangkan adalah salah satu cara untuk menjauh dari stres. Pejamkan mata dan fokuskan pikiran Anda pada warna mawar atau bayangkan Anda tidur pulas di balik selimut motif mawar. Kurang menarik? Bayangkan saja Anda memakai baju pink yang manis dan makan malam bersama kekasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com