Usir Stres dalam 60 Detik

Kompas.com - 12/09/2008, 15:07 WIB
Editor

Baru saja dimarahi si bos, meeting mendadak batal, komputer ngadat. Aduh stres. Sayangnya tak ada waktu untuk menenangkan diri ke kelas yoga. Yang bisa dilakukan adalah mengusir stres pada saat itu juga. Ada beberapa tips untuk melakukannya.

- Dengarkan musik
Pasang headphones dan nyalakan musik dengan nada menenangkan atau lagu dari penyanyi favorit Anda.

- Bersih-bersih
Singkirkan benda-benda yang tidak Anda perlukan dari meja. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wall Street Journal, kalau ditotal setiap pekerja bisa menghabiskan enam minggu dalam setahun untuk mencari dokumen penting yang tertimbun di antara barang yang berserakan di meja. Lawan stres dengan melakukan "aksi" bersih-bersih file di komputer atau meja. Simpan benda-benda yang jarang dipakai dalam wadah khusus atau laci.

- Terapi belanja
Menurut ahli psikologi dari Universitas Emory, kegiatan belanja bisa merangsang dikeluarkannya hormon dopamine yang akan membuat kita lebih relaks dan gembira. Hal yang sama juga berlaku bila Anda melakukan kegiatan belanja secara online. Jadi tanpa perlu meninggalkan meja, Anda bisa dapat keuntungan yang sama.

- Think pink
Membiarkan pikiran melayang dan membayangkan hal menyenangkan adalah salah satu cara untuk menjauh dari stres. Pejamkan mata dan fokuskan pikiran Anda pada warna mawar atau bayangkan Anda tidur pulas di balik selimut motif mawar. Kurang menarik? Bayangkan saja Anda memakai baju pink yang manis dan makan malam bersama kekasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.