Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Sehat Tiap Hari? Gampang!

Kompas.com - 23/10/2008, 09:43 WIB

Punya rambut sehat, kuat, dan indah tentu jadi dambaan setiap wanita. Tak heran, kita pun kadang rela mengorbankan waktu berjam-jam di salon, menjalani beragam perawatan, dan menguras isi kantong.

Padahal, selama rambut tak bermasalah, Anda hanya perlu membiasakan hal-hal yang mungkin terlihat "sepele" ini menjadi rutinitas. Jadi, tak perlu banyak berkorban bukan?

1. Kurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah. Kalaupun terpaksa digunakan, atur suhu pada temperatur terendah saat dijalankan. Walau sedikit lebih lama, dijamin rambut akan lebih berkilau, mudah diatur, dan terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah.

2. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dulu karena akar dan batang rambut yang lembab umumnya sangat rapuh.

3. Jangan gunakan air panas saat mencuci atau membilas. Panas menyebabkan batang rambut menjadi kusam dan tak bercahaya.

4. Perhatikan sampo yang Anda pakai. Pilihlah yang berformula PH balance yang sesuai untuk jenis kulit kepala dan rambut Anda. Jangan korbankan mahkota Anda dengan terlalu sering menggonta-ganti merek sampo.

5. Abaikan mitos tentang menyisir rambut seratus kali setiap hari. Ini justru akan mengakibatkan rambut jadi mudah patah.

6. Segera cuci rambut setiap kali sehabis berenang agar terbebas dari sisa klorin yang mungkin masih menempel.

7. Kurangi pemakaian mousse atau gel rambut beralkohol agar rambut terhindar dari kekeringan. Jika terpaksa, segeralah cuci dengan sampo clarifying (berformula penjernih) yang mampu membersihkan sekaligus mengangkat sisa hair spray atau gel di rambut.

8. Ingatlah, mengonsumsi makanan bergizi dan menjalankan diet dengan teratur punya andil dalam menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com