Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Barang Bawaan Maksimal 32 Kilogram !

Kompas.com - 09/11/2008, 20:33 WIB

 

JAKARTA,MINGGU-Sejak awal jamaah haji diingatkan untuk tidak membawa barang bawaan melebihi batas maksimal yang diperbolehkan untuk dibawa. Pasalnya, barang bawaan jamaah haji yang lebih dari batas maksimal 32 kilogram, ketika akan pulang ke tanah air, akan langsung diturunkan.

Media Center Haji Departemen Agama di Jakarta, Minggu (9/11) mengingatkan jamaah agar tidak membawa pulang barang secara berlebihan. Apalagi, barang-barang yang dijual di Arab Saudi sebagian besar merupakan produk China yang dengan mudah juga dibeli di tanah air.

"Barang yang berlebih itu, tidak akan dikirimkan ke tanah air. Meskipun ada sweeping barang tertinggal, namun bukan jaminan barang tersebut dapat diterima secara utuh," kata Kepala Teknis Urusan Haji Nursamad Kamba.

Nursamad menyarankan, jika bawaan jamaah haji lebih dari 32 kg, sebaiknya dikirimkan menggunakan perusahaan kargo di tanah suci. "Berapa besarannya, tiap kilogram ada aturannya tersendiri yang bisa ditanya pada perusahaan kargo tersebut," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com