Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Si Kecil Mau Ke Dokter

Kompas.com - 15/11/2008, 10:30 WIB

Pergi ke dokter atau rumah sakit bisa sangat menakutkan bagi anak-anak, bahkan juga bagi para orangtua bila harus membayangkan kerasnya teriakan, tangisan, tendangan, dan amukan sang anak. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana sebelum, selama, dan sesudah kunjungan ke dokter. Taktik ini bisa membantu mengurangi stres anak, serta memastikan ia mendapatkan pengobatan yang diperlukannya.

Berikut ini sejumlah daftar tips yang bisa membantu Anda bersama Si Kecil, agar kunjungan ini bebas dari stres sebelum menginjakkan kaki di ruang praktek dokter.

1. Pilih Dokter Yang Tepat
Sangat penting memilih dokter yang bisa membuat nyaman, baik bagi Anda maupun anak. Anda harus menyisihkan waktu untuk mencari tahu tempat praktek dokter yang tepat. Tanyakan pada teman dan keluarga untuk bahan acuan, lalu datangi tempat praktek dokter itu sebelum hari H.

2. Bersikap Konsisten
Begitu Anda menemukan dokter yang tepat, baik Anda maupun anak, sebaiknya putuskan untuk tetap datang ke dokter itu saat diperlukan. Akan membantu anak jika ia mengetahui apa yang akan terjadi, dan kunjungan ke dokter akan membuatnya merasa lebih nyaman.

3. Pilih Ruang UGD Yang Tepat
Kini Anda bisa melakukan riset kecil agar situasi darurat berjalan lancar, bila Anda terpaksa berada pada situasi ini. Cari tahu RS terdekat apakah memiliki ruang gawat darurat yang memadai dan dalam keadaan spesifik anak, saat diperlukan.

4. Komunikasi
Salah satu hal paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi ketakutan dan kegelisahan anak tentang apa yang akan terjadi adalah dengan membantunya memahami apa yang akan terjadi selama kunjungan ke dokter.

5. Beri Penjelasan Apa Yang Akan Terjadi
Jika Anda memberi penjelasan tentang apa yang terjadi di ruang dokter, gunakan perbendaharaan kata yang mudah dimengerti anak. Dengan bahasa yang tepat dan sesuai usianya, Anda harus jelaskan apa yang akan ia lihat, dengar, dan bahkan bau yang tercium saat masuk ke ruang praktek dokter.

6. Mainkan Peran
Untuk membantu anak agar mengerti apa yang akan terjadi di ruang praktek dokter, gunakan salah satu teknik terbaik yaitu mainkan peran. Anak seolah-olah jadi pasien dan Anda jadi dokternya, atau sebaliknya. Anda juga bisa gunakan boneka atau binatang peliharaan. Lalu, perlihatkan pada anak apa yang akan dilakukan dokter.

7. Buku Tentang Pergi Ke RS
Ada beberapa buku yang ditulis untuk anak-anak yang bisa membantu menjelaskan kondisi berkunjung ke dokter atau RS, Anda juga bisa mencari di internet mengenai topik ini.

8. Beri Kesan Wajar
Prosedur medis yang terjadi di ruang dokter atau RS, terdapat juga hal-hal yang sehari-hari biasa dilihat anak, seperti menonton teve, mengobrol, membaca buku, bermain. Memberi penekanan pada anak tentang aspek-aspek ini di ruang praktek dokter, Anda membantunya untuk melihat kunjungan ke dokter sebagai hal wajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com