Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Right Time to Eat

Kompas.com - 01/12/2008, 14:19 WIB


Bosan menjalani program diet yang itu-itu saja, dan tanpa hasil? Anda bisa coba program the body clock diet alias diet sesuai jam tubuh. Pola diet yang diciptakan Lyndel Costain, seorang ahli diet sekaligus penulis buku The Body Clock Diet ini membuat Anda dapat tetap mengonsumsi variasi makanan, namun tetap langsing.

Menurut Costain, sebetulnya tubuh memiliki ritme yang bisa mengatur sendiri metabolisme, selera makan, tidur, dan level energi secara alami. Pada pagi dan siang hari, karena harus menjalani aktivitas, berarti tubuh membutuhkan makanan yang bisa mendongkrak energi. Di malam hari, karena aktivitas berkurang, jenis makanan yang diperlukan adalah yang bisa membuat tubuh lebih relaks.

"Jenis-jenis makanan yang dikonsumsi pada waktu tertentu, bisa memberikan efek tertentu pula pada tubuh. Bisa berdampak baik, bisa pula sebaliknya. Tergantung pada ritme tubuh dalam memproses makanan yang berhubungan dengan daya kerja sistem saluran pencernaan, yang berbeda pada pagi, siang, dan malam hari," Costain menjelaskan dalam bukunya.

KENALI ALARM TUBUH

Tubuh sebenarnya memiliki 'alarm' ketika merasa lapar, dan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu sesuai waktu makan, Anda bisa mengendalikan rasa lapar. Berikut ini panduan makan sesuai perputaran jam selama sehari.

Pukul 07.00 - 09.00

Sarapan sama pentingnya dengan siang. Hanya, jumlah atau kebutuhan makan pagi tidak sebanyak siang. Secara persentase, jumlah pagi cukup sekitar seperempat makanan yang seharusnya dikonsumsi sehari, yakni sekitar 400 dari 1.500-1.700 kalori per hari.

Sarapan buah-buahan memang praktis. Banyak perempuan yang hanya makan buah di pagi hari dengan ingin menurunkan bobot. Namun, jika hanya mengonsumsi buah saja untuk santapan pagi, sebenarnya tidak tepat. Buah-buahan memang sumber vitamin C dan serat baik, namun bukanlah sumber hidrat yang baik. Sebaiknya Anda menjadikan buah hanya sebagai pendamping makanan yang gandung karbohidrat berserat, seperti roti gandum, dan sereal.

Pukul 09.00 - 12.00

Hati-hati, pada jam-jam ini hasrat ngemil cukup tinggi. Jangan tergoda membuka bungkus cokelat untuk ngemil sebelum makan siang. Bila Anda ngemil cokelat dan makanan manis lainnya, energi untuk siang hari bisa tersedot. Cara terbaik agar otak bisa terus bekerja, perbanyaklah minum air putih. Dehidrasi bisa menurunkan kinerja beberapa organ tubuh, terutama otak ginjal, dan kulit. Tambahan cairan untuk tubuh, selain dari air putih, juga bisa dari jus buah, teh, kopi, atau susu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com