Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerawat di Vagina, Apakah Itu?

Kompas.com - 12/12/2008, 04:38 WIB

T. Sejenis jerawat muncul di kulit luar vagina saya. Selain merasa gatal juga sering muncul cairan. Saat saya periksakan ke dokter, dia tidak melakukan tes untuk herpes, hanya mengambil satu olesan dari bagian vagina. Katanya ada "sejumlah besar gramme kuman positif".

Saat saya tanya, si dokter tidak menjawab pertanyaan. Hanya mengatakan bahwa saya tidak memerlukan perawatan. Bagaimanapun, saya masih merasakan gatal yang rasanya menjengkelkan. Saya bingung ada apa kiranya di situ. Saya khawatir kemungkinan ini sejenis STD (penyakit menular seksual). Bisakah Anda jelaskan apakah ini karena dokter tidak memberi penjelasan apa pun? Bantuan Anda sangat dihargai!

J. Anda adalah pasien karena itu mempunyai hak untuk bertanya, bahkan meminta dokter memberi diagnosis tetap dan jelas. Sulit bagi saya untuk memformulasi situasi yang Anda alami tanpa melihat gumpalan dan membaca laporan pemeriksaan aktual. Saya sarankan agar Anda kembali ke dokter yang sama dan minta konfirmasi diagnosis yang jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com