Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamkesmas Tak Sentuh Warga Miskin Batam

Kompas.com - 06/02/2009, 17:58 WIB

BATAM, JUMAT — Dana Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang digagas pemerintah tidak menyentuh warga miskin Batam, banyak warga yang mengaku tidak mendapatkan kemudahan biaya rumah sakit.
    
"Berdasarkan data yang kami miliki, banyak pasien miskin yang tidak lagi terlayani Jamkesmas sehingga terlunta-lunta," kata Koordinator Lembaga Bantuan Kesehatan Kepulauan Riau (LBH Kepri) Sitorus di Batam, Kamis.

Ia menyatakan, Pemerintah Kota Batam terlalu sibuk mengurus pembangunan dan ekonomi kota sehingga melupakan hak-hak warga, termasuk pelayanan kesehatan.

LBH Kesehatan, dalam aksi unjuk rasa, mempertanyakan distribusi dana Jamkesmas karena pelayanan pemerintah itu tidak dirasakan masyarakat miskin Batam.

"Ke mana dana Jamkesmas itu... kenapa kami, masyarakat miskin ini, sulit mendapatkan Jamkesmas," kata Sitorus.

Di tempat yang sama, warga Batam, Efendi, mengatakan sempat terkendala ketika mengantarkan anaknya berobat karena tidak mendapatkan Jamkesmas sehingga buah hatinya meninggal.

Ia mengatakan telah mengurus semua persyaratan Jamkesmas di Dinas Kesehatan Kota Batam untuk mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) sekitar akhir tahun 2008. Namun, ia tetap tidak mendapatkan dana Jamkesmas.

"Saya minta Jamkesmas itu demi anak saya yang saat itu sedang dirawat di RSOB. Tapi kata orang Dinkes, Jamkesmas untuk tahun 2008 sudah habis, harus menunggu program tahun 2009. Akibatnya apa? Anak saya meninggal karena saya tidak sanggup membiayai operasinya," kata Efendi.

Ia menceritakan, sebelum dirawat, pihak RSOB meminta uang muka sebesar Rp 2 juta. Namun, karena tidak mampu, pihak RSOB menyarankan mengurus Jamkesmas.

"Padahal, saya sudah urus surat keterangan miskin. Sampai dua kali ke Dinkes, Jamkesmas saya tidak juga keluar. Tanggal 28 Januari kemarin, anak saya meninggal karena penyakit usus berlipat," katanya.

Bersama warga miskin kota lain, ia meminta pemerintah kota transparan tentang penyaluran dana Jamkesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com