Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Stroke Meningkat, Pemakaian Garam Diundang-undangkan

Kompas.com - 16/03/2009, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kematian akibat serangan stroke di Portugal terus meningkat, memaksa anggota parlemen dari partai Sosialis yang berkuasa mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk mengurangi penggunaan garam pada roti. RUU yang diajukan hari Jumat (13/3) lalu ini menekankan, garam yang berlebihan dalam roti menjadi penyebab tekanan darah meninggi dan terjadi stroke.

Makanan di Portugal diakui lebih banyak menggunakan garam dibandingkan dengan di negara lain. Pembuat roti sering menambahkan garam dalam adonan, padahal roti disantap hampir setiap hari oleh semua orang di Portugal. Ini dijadikan alasan kuat mengapa perlu ada UU yang menekankan pengurangan garam dalam roti.

”Portugal saat ini menjadi salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat stroke di Eropa. Dua kali lipat dibandingkan dengan Spanyol dan tiga kali lipat dibandingkan dengan Perancis,” demikian keterangan dalam RUU itu.

Stroke menewaskan 20.000 orang di Portugal setiap tahun, sekitar 20 persen dari total kematian. Disebutkan, mengurangi satu gram garam per hari bisa menyelamatkan 2.650 jiwa per tahun. Jadi, jangan heran kalau di Portugal nantinya hanya ada roti tawar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com