Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada TPS Keliling di Rumah Sakit

Kompas.com - 09/04/2009, 18:37 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com — Tidak seperti Pemilu 2004 atau Pemilihan Gubernur Jawa Barat, pada Pemilu 2009 tidak ada TPS khusus maupun TPS keliling di rumah sakit. Biasanya, kata Rasmita (37), petugas keamanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu, Kamis (9/4), selalu ada TPS keliling yang masuk ke RSUD untuk melayani hak pasien yang ingin memilih. 

TPS keliling itu berasal dari TPS yang berada paling dekat dengan rumah sakit. Akan tetapi, pada pemilu legislatif yang sekarang, tidak ada TPS keliling yang melayani pasien. Padahal, setidaknya ada 100 pasien yang kini dirawat inap. 

"Kalau pegawai sih bisa minta izin sebentar untuk mencontreng. Sedangkan pasien kan tidak bisa ke mana-mana," ujar Rasmita yang telah mencontreng sebelum berangkat kerja. 

Sarkim, petugas TPS 12, Kecamatan Sindang, Indramayu, yang terletak paling dekat dengan RSUD Indramayu, mengatakan tidak akan melakukan TPS keliling seperti sebelumnya. Umumnya, dari rumah sakit, pasti ada 20-25 pasien yang memilih di TPS keliling.

Sementara sampai TPS mau ditutup, belum ada satu pun pasien dari RSUD yang datang ke tempatnya. Bagi pasien, keluarga pasien, maupun pegawai rumah sakit yang ingin memilih di TPS 12, kata Sarkim, harus membawa A5 agar bisa mencontreng. 

Tidak adanya TPS khusus maupun TPS keliling juga terjadi di RS Bhayangkara Indramayu. Nurafni, suster jaga di rumah sakit itu, mengatakan, tidak ada lagi TPS yang dibuat di lingkungan rumah sakit. Akibatnya, pasien dan keluarga pasien, maupun paramedis di rumah sakit, terpaksa mencontreng di TPS asalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com