Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-China Kerjasama Teliti Obat Stroke Herbal

Kompas.com - 24/04/2009, 17:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Beijing University of Chinese Medicine (BUCM) bekerjasama dalam penelitian pembuatan produk obat stroke berbasis tanaman atau herbal Indonesia seperti alang-alang dan sambiloto.
    
Kepala Pusat Studi Biofarmaka IPB Prof Dr Ir Latifah K Darusman, MS di Bogor, Jumat menjelaskan bahwa kerjasama selama tiga tahun itu juga mencakup pertukaran mahasiswa dan dosen, pelaksanaan pelatihan serta seminar-seminar. Ia menjelaskan, obat stroke berbasis herbal ini rencananya akan dipergunakan sebagai obat alternatif di rumah sakit.
    
Berkaitan dengan ini, kata dia, BUCM telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Husada Jakarta membangun  "Unit Complementary Alternative Medicine". Unit ini dipergunakan Rumah Sakit Husada untuk menawarkan obat herbal pada masyarakat.
    
Dalam kaitan tersebut, kata dia, delegasi BUCM yang dipimpin "Vice President of Foreign Affair" Prof Wang Zhong berkunjung ke IPB Selasa (21/4) dan disambut Rektor IPB, Dr Ir Herry Suhardiyanto.
    
Rektor IPB didampingi Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Dr.Anas Miftah Fauzi, Kepala Sub Direktorat Program Internasional Dr drh Muhammad Agil, M.Sc.Agr, Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  (LPPM) Bidang Penelitian, Prof Ronny M.Rurr, dan Kepala Pusat Studi Biofarmaka.

Kunjungan rombongan BUCM ini merupakan kunjungan balik empat perguruan tinggi Indonesia yakni IPB, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Gajah Mada, saat mengikuti kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke RRC Oktober 2008. Selain itu, juga menindaklanjuti kerjasama yang telah ditandatangani tanggal 27 Mei 2008.

Menurut dia, kerjasama BUCM dengan empat perguruan tinggi tersebut mencakup pendirian S2 Herbal Medicine di Universitas Indonesia yang melibatkan tim IPB, rancangan pendirian pendidikan farmasi herbal antara IPB dan Unair, serta penelitian pembuatan produk obat stroke
berbasis tanaman Indonesia dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com