Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki Gajah Hantui Warga Tigaraksa, Tangerang

Kompas.com - 02/06/2009, 19:48 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Penyakit kaki gajah (filariasis) menghantui warga Desa Tegalsari, Tigaraksa, Tangerang, Banten. Pekan lalu seorang warga meninggal akibat penyakit tersebut.

"Hasil pendataan kami, dari 100 warga Desa Tegalsari yang diperiksa kondisi kesehatannya, lima yang positif penyakit filariasis, dan satu di antaranya meninggal," kata Kepala Puskesmas Pasir Nangka, Tigaraksa, dr Anita Nuzulia di Tangerang, Selasa.

Dia mengatakan, pihaknya bersama aparat desa dan kecamatan melakukan sosialisasi berkaitan dengan penularan penyakit sehingga warga dapat mengantisipasi. Dia menyebutkan, korban meninggal pekan lalu yakni Ining (60), warga Kampung Cipayean RT 06 RW 13 Desa Tegalsari, Kecamatan Tigaraksa. Korban tewas sebelumnya terjadi pada April 2008.

Nuzulia mengatakan, upaya penyuluhan terus dilakukan karena Dinas Kesehatan Pemkab Tangerang telah menetapkan daerah ini sebagai endemi penyebaran penyakit kaki gajah. Kaki gajah adalah penyakit menular yang disebabkan cacing filarial. Penularannya melalui nyamuk yang sudah tertular. Bila tidak mendapatkan pengobatan, penyakit ini menimbulkan cacat seperti pembesaran pada kaki.  

Petugas medis setempat melakukan sosialisasi antara lain tentang gejala klinis penyakit. Warga antara lain diminta waspada bila ada yang demam berulang-ulang selama tiga hingga lima hari, lalu demam itu hilang jika istirahat dan kambuh lagi setelah bekerja berat.

Gejala lain, terdapat pembengkakan kelenjar getah bening atau tanda ada luka pada daerah lipatan seperti paha, ketiak, dan tampak kemerahan sehingga terasa panas dan sakit. Bahkan, terjadi radang pada saluran kelenjar getah bening sehingga terasa panas dan sakit yang menjalar dari tungkai kaki hingga ujung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com