Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Efektif, Olahraga Vs Diet?

Kompas.com - 13/06/2009, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Bila langsing dengan berat badan yang terus terjaga menjadi dambaan Anda, maka mulailah membatasi asupan kalori. Menurut Donald Hensrud, M.D dari Mayo Clinic, mengurangi asupan kalori lebih efektif untuk melawan kegemukan dibanding meningkatkan frekuensi olahraga.

Kunci melawan kegemukan pada dasarnya adalah jumlah kalori yang dibakar harus lebih besar dari yang dikonsumsi. Menurut Hensrud, 3500 kalori sama dengan 1 pound (0,45 kg) lemak. Jadi, bila Anda ingin turun 1 pound tiap minggu, itu artinya Anda harus mengurangi 500 kalori dari menu makanan setiap hari (500 kalori x 7 hari).
 
Meski begitu, bukan berarti olahraga tidak ada dalam kamus, karena diet mati-matian tanpa adanya aktivitas fisik tidak akan menghasilkan hasil yang optimal. "Dengan berolahraga, kelebihan lemak yang tidak bisa dikurangi dari diet bisa dibakar," kata Hensrund.
 
Selain itu, olahraga rutin juga akan membuat berat badan lebih stabil dan tubuh lebih bugar. Olah tubuh yang kita lakukan juga akan menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah, serta memperbaiki mood. Studi terbaru juga menyebutkan banyak bergerak bisa menekan nafsu makan.
 
Penelitian menunjukkan, orang yang rutin berolahraga berat badannya lebih stabil. Sementara itu mereka yang mengandalkan diet saja memang bisa menurunkan badan secara drastis, tapi setelah dietnya berhenti, tubuh pun gemuk kembali.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com