Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Popok Bayi Kalahkan Mi Instan

Kompas.com - 16/06/2009, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dari 54 kategori utama untuk barang-barang konsumen yang perputarannya cepat (FMGC), popok bayi menjadi yang paling stabil pertumbuhannya dibanding barang konsumen lainnya, seperti shampo, susu, deterjen bubuk, dan perawatan kulit. 

Pada Januari-April 2009, pertumbuhan berdasarkan tingkat volume yang paling stabil pertumbuhannya adalah popok bayi, baik di tingkat hypermarket, minimarket, maupun pasar tradisional. Meskipun kalau dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, pertumbuhan kuartal I tahun ini tetap masih lebih jelek.

Di hypermarket, pertumbuhan naik 4,8 persen, di minimarket tahun ini naik 17,2 persen, dan di pasar tradisional naik 55,5 persen. "Mungkin ini disebabkan oleh musim hujan yang lebih panjang," ungkap Teguh Yunanto, Direktur Eksekutif Pengukuran Retail Nielsen, saat Jumpa Pers Perkembangan Terakhir Pasar Indonesia Januari-April 2009, Jakarta, Selasa (16/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pertumbuhan yang bagus dari baby diapers tidak diikuti dengan mi instan. Produk ini hanya positif di hypermaket 53,4 persen. Untuk penjualan mi di minimarket tahun ini anjlok menjadi -0,3 persen, padahal tahun lalu 80,8 persen. Hal sama terjadi di pasar tradisional, tahun ini -14,4 persen. "Kemungkinan besar karena tahun lalu produk ini naik sampai 30 persen," tutur Teguh.

Data yang didapat Nielsen merupakan hasil pengumpulan data mingguan dari pembelian rumah tangga untuk kategori produk-produk kebutuhan sehari-hari di Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan rural Jawa yang berjumlah ratusan. Survei dilakukan terhadap 2.800 rumah tangga di urban dan 1.600 rumah tangga di rural.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com