Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aman Minum Aspirin

Kompas.com - 25/06/2009, 10:23 WIB

Apakah obat pereda nyeri di konter aman diminum dengan aspirin dosis rendah? Para dokter masih berusaha memastikan. Alasan utamanya: Pil-pil tersebut dikhawatirkan bisa bereaksi terhadap aspirin yang bisa mengencerkan darah, sehingga bisa berefek negatif bagi jantung.

Sementara, uji coba terhadap 21.000 pasien yang dilakukan Steve Nissen, MD, pimpinan pengobatan kardiovaskular di Cleveland Clinic, baru bisa memberi jawaban sekitar tahun 2010 mendatang. Sambil menunggu, ikuti agar tetap aman:

Untuk artritis atau migrain
Bila Anda harus minum obat anti peradangan, minumlah aspirin sejam sebelumnya, agar terhindar dari risiko yang mungkin timbul, Nissen menganjurkan.

Untuk nyeri dan demam
Pilihlah obat mengandung asetaminofen, tambahnya lagi. Obat ini aman dan efektif diminum dengan aspirin, bahkan bila diminum sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com