Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Botox Bikin Penderita Stroke Jalan Lagi

Kompas.com - 27/06/2009, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Seorang korban stroke yang lumpuh selama lebih dari 20 tahun di Australia dapat berjalan lagi berkat obat anti-keriput yang disebut botox.

Russel McPhee (49) terpaksa menggunakan kursi roda setelah terserang stroke berat 23 tahun lalu, yang membuat dia lumpuh sehingga dokter mulanya memberitahu dia bahwa ia takkan pernah meninggalkan rumah sakit.

Namun setelah disuntik botox, obat anti-penuaan yang terkenal di kalangan pesohor Hollywood, McPhee dapat berjalan berkeliling rumahnya tanpa bantuan dan dapat berjalan sampai 100 meter dengan menggunakan tongkat.

"Mulanya saya kira saya akan mati di kursi roda," kata McPhee kepada AFP.

Mantan tukang daging itu mengakui ia dan pacarnya, Kerry Crossley, mulanya ragu ketika diberitahu mengenai pengobatan tersebut.

"(Kerry) menyela dan berkata, memangnya dia tidak tampan?`" kata McPhee.

Botox, atau botulinum toxin, menghalangi sinyal syaraf yang memberitahu otot agar berkontraksi, meratakan kerut ketika digunakan di muka. Namun racun ini juga dapat membantu pasien yang lumpuh akibat luka otak, sclerosis ganda, gangguan tulang belakang atau stroke.

Valentina Maric, psikoterapis di St. John of God Hospital di negara bagian Victoria, menjelaskan bahwa McPhee tak mampu berjalan karena stroke itu telah membuat ototnya kejang selamanya.

"Otot tersebut menyala sepanjang waktu akibat pesan yang datang dari otaknya," kata perempuan ahli psikoterapi tersebut.

Botox menghentikan kejang, kata Maric, sehingga memungkinkan McPhee meregangkan otot kaki yang terpengaruh untuk pertama kali selama lebih dari dua dasawarsa dan mempekuat otot lain yang diperlukan untuk berjalan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com