Mengolah Kentang Goreng yang Sehat

Kompas.com - 03/08/2009, 18:41 WIB
Editor

KOMPAS.com - Banyak ibu yakin kentang goreng bisa jadi bagian diet yang baik dan seimbang. Sebenarnya, apa pun yang dipilih, tak masalah. Karena kentang yang disantap bersama kulitnya memberi asupan vitamin C, dan salah satu sumber terbaik potasium dan serat. Sementara itu, para koki berusaha menemukan cara lebih sehat mengolah kentang, baik dengan menggunakan minyak "sehat" atau tanpa digoreng. Inilah trik menggoreng kentang, agar bisa dinikmati tanpa khawatir lonjakan lemak setelahnya.

1. Beli kentang beku. Beberapa perusahaan kini telah memproduksi kentang beku dengan bahan-bahan yang sudah diuji terlebih dahulu, dan lemaknya pun baik untuk tubuh. Carilah produk kentang beku yang kalorinya tak lebih dari 120 gram. Sebagai info, dalam setiap 3 ons sajian terkandung 3,5 gram lemak.

2. Bekal kentang goreng. Sajian kentang goreng dengan cara pengolahan baru, yaitu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng dan kemudian diangin-anginkan, bisa menjadi pilihan. Setiap 3 ons sajian mengandung sekitar 180 kalori, 6 gram lemak, dan 1 gram lemak jenuh.

3. Buat sendiri. Kita bisa membuat sendiri hidangan kentang kegemaran yang kaya antioksidan ini dengan mengikuti resep berikut:

Kentang pelangi (untuk 4 porsi)
Iris 5 buah kentang panjang 1 cm. Rendam kentang dalam air dingin selama 45 menit. Lalu, potong 1 kentang manis berukuran sedang memanjang, seukuran 1 cm. Panaskah oven hingga 200 derajat Celcius. Tiriskan kentang yang direndam, campurkan dengan irisan kentang manis, 3 sdm minyak zaitun, garam, dan lada secukupnya. Susun mendatar di loyang. Panggang hingga 40 menit, balik, lalu panggang lagi hingga warna kentang jadi kecoklatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.