Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengolah Kentang Goreng yang Sehat

Kompas.com - 03/08/2009, 18:41 WIB

KOMPAS.com - Banyak ibu yakin kentang goreng bisa jadi bagian diet yang baik dan seimbang. Sebenarnya, apa pun yang dipilih, tak masalah. Karena kentang yang disantap bersama kulitnya memberi asupan vitamin C, dan salah satu sumber terbaik potasium dan serat. Sementara itu, para koki berusaha menemukan cara lebih sehat mengolah kentang, baik dengan menggunakan minyak "sehat" atau tanpa digoreng. Inilah trik menggoreng kentang, agar bisa dinikmati tanpa khawatir lonjakan lemak setelahnya.

1. Beli kentang beku. Beberapa perusahaan kini telah memproduksi kentang beku dengan bahan-bahan yang sudah diuji terlebih dahulu, dan lemaknya pun baik untuk tubuh. Carilah produk kentang beku yang kalorinya tak lebih dari 120 gram. Sebagai info, dalam setiap 3 ons sajian terkandung 3,5 gram lemak.

2. Bekal kentang goreng. Sajian kentang goreng dengan cara pengolahan baru, yaitu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng dan kemudian diangin-anginkan, bisa menjadi pilihan. Setiap 3 ons sajian mengandung sekitar 180 kalori, 6 gram lemak, dan 1 gram lemak jenuh.

3. Buat sendiri. Kita bisa membuat sendiri hidangan kentang kegemaran yang kaya antioksidan ini dengan mengikuti resep berikut:

Kentang pelangi (untuk 4 porsi)
Iris 5 buah kentang panjang 1 cm. Rendam kentang dalam air dingin selama 45 menit. Lalu, potong 1 kentang manis berukuran sedang memanjang, seukuran 1 cm. Panaskah oven hingga 200 derajat Celcius. Tiriskan kentang yang direndam, campurkan dengan irisan kentang manis, 3 sdm minyak zaitun, garam, dan lada secukupnya. Susun mendatar di loyang. Panggang hingga 40 menit, balik, lalu panggang lagi hingga warna kentang jadi kecoklatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com