Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Kaum "Gay", Ted Kennedy is "Top Markotop"!

Kompas.com - 28/08/2009, 16:28 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Penulis John Aravosis bak kehilangan sebagian nyawanya. Soalnya, pengelola AmericaBlog—situs politik yang fokus pada perjuangan persamaan hak kaum gay—ini mengagumi perjuangan almarhum Edward Kennedy. "Dia memberikan pertolongan memopulerkan upaya persamaan hak kaum gay," begitu kesan Aravosis seperti dilaporkan di CNN, Jumat (28/8).

Kaum gay atau lengkapnya kaum lesbian, gay, biseksual, dan transjender (LGBT) bahkan di Negeri Uwak Sam acap mendapatkan perlakuan diskriminatif. Makanya, seperti cerita Aravosis, keprihatinan mereka membutuhkan banyak dukungan dari para pengambil keputusan.

Pada bagian inilah, masih menurut Aravosis, Kennedy, yang meninggal dunia pada Rabu lalu, menunjukkan perhatiannya. Dalam catatan Aravosis, Kennedy sudah makin kentara memperjuangkan persamaan hak tersebut sejak tahun 1993. "Mulai waktu itu, saya juga sudah menjadi sukarelawan yang bekerja di kantornya," kata Aravosis. 

Senada dengan Aravosis, mantan Senator Jarrett Barrios dari Massachusetts menambahkan pengalamannya kala bekerja sama dengan Kennedy. Pada 1990, misalnya, Kennedy menjadi kosponsor untuk Ryan White CARE Act. Sosok yang meninggal pada tahun yang sama itu terjangkit HIV AIDS. Pada 1996, Kennedy juga membela hak-hak prajurit AS yang terkena HIV AIDS.

Jarrett Barrios yang kini menjadi Presiden Aliansi Menentang Penistaan terhadap Gay dan Lesbian juga bertutur kalau Kennedy pun menjadi sosok di garda depan untuk melindungi hak-hak hidup kaum LGBT tadi. Pada 1998, seorang gay bernama Matthew Shepard tewas terbunuh.

Catatan panjang almarhum Kennedy masih berlanjut. Pada 2004, Kennedy bersuara untuk perdebatan di Mahkamah Agung Massachusetts soal perkawinan sejenis. Seperti diketahui, negara bagian itu, pada akhirnya menjadi yang pertama untuk pengesahan perkawinan sejenis. Berikutnya, Massachusetts diikuti Connecticut, Iowa, Maine, New Hampshire, dan Vermont. 

Menariknya, hingga akhir hayatnya, Kennedy tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang tidak sepaham soal persamaan hak bagi LGBT, khususnya pernikahan sejenis, termasuk dengan Presiden Obama. So, bagi perjuangan persamaan hak gaum gay, almarhum Edward Kennedy is "top markotop"!


  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com