Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Ruang Memanjang Jadi Perpustakaan

Kompas.com - 22/09/2009, 14:26 WIB

KOMPAS.com — Ruang memanjang berukuran 2 m x 3 m bisa dimanfaatkan sebagai ruang perpustakaan sekaligus ruang kerja. Atur penempatan berbagai perabotnya agar ruangan tetap terasa lega.

Melihat ukuran dan fungsi ruang itu, mungkin yang terbayang di benak sebagian orang adalah: kesan sumpek. Ruangan penuh perabot, rak buku, lemari, hingga meja tulis dan kursi. Nyatanya, pada ruang di foto ini, hal itu tidak terasa. Dengan penempatan teratur dan perencanaan yang matang, ruang 2 m x 3 m itu bisa menjadi perpustakaan dan ruang kerja yang nyaman. Tanpa kesan sesak dan sumpek.

Perpustakaan dan ruang kerja memiliki lemari, rak buka, dan meja kerja. Rak ditempatkan menempel ke dinding yang berseberangan dengan meja kerja. Ruangan ini memanfaatkan kedua sisi dinding, yang berhadapan, sebagai area rak buku dan meja kerja.

Bagian tengah ruangan dibiarkan kosong, hingga tercipta ruang yang lega sebagai sirkulasi. Di bagian ujung ruangan ditempatkan sebuah lemari kayu. Pada lemari ini bisa ditempatkan berbagai pernak-pernik, seperti album foto dan tumpukan kertas.

Rak buku, dilihat dari pintu masuk, terletak pada area dinding sebelah kiri. Agar dapat menampung banyak buku, rak dibuat setinggi plafon, dengan panjang 180 cm. Di seberangnya, dinding sebelah kanan, ditempatkan meja tulis kayu memanjang. Meja berukuran panjang 2 m ini dibuat menempel ke dinding. Sistem kantilever membuatnya melayang, tak memakan tempat, dan lebih ringkas.

Nah, enggak mustahil kan membuat perpustakaan dan ruang kerja dalam satu ruangan yang tergolong sempit itu? (iDEAonline/Anissa Q. Aini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com