Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Anak Terbaik dari UGM

Kompas.com - 04/11/2009, 06:45 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.comGuru besar bidang kedokteran anak Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, S Yati Soenarto, menerima penghargaan internasional sebagai dokter anak terbaik dari Asosiasi Dokter Anak Asia-Pasifik (APPA). Penelitiannya menghasilkan sejumlah temuan penting untuk pengobatan diare pada anak.

 

Penghargaan Outstanding Asian Pediatric Award tersebut diberikan dalam konferensi APPA di Shanghai, China, yang berlangsung pertengahan Oktober lalu. Penghargaan diberikan tiga tahun sekali kepada dokter anak yang dinilai mempunyai prestasi menonjol. ”Saya salah satu dari 12 dokter anak lain yang menerima penghargaan ini,” tuturnya di Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta, Selasa (3/11).

Menurut Yati, penghargaan diberikan berdasarkan jumlah dan mutu penelitian ataupun publikasi ilmiah yang dihasilkan. Untuk penghargaan ini, peserta bersaing dengan sekitar 2.500 dokter anak dari seluruh dunia.

Salah satu penelitiannya pada 1970-an, Yati yang menjadi Direktur Unit Pelatihan Diare Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menemukan, diare di Indonesia lebih banyak disebabkan rotavirus. Penemuan ini mengubah terapi pengobatan diare yang sebelumnya lebih banyak menggunakan antibiotik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com