Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Coba Periksa Kesehatan ala China?

Kompas.com - 28/11/2009, 13:07 WIB

KOMPAS.com — Suatu saat, mungkin Anda pernah ke dokter dan dibilang, "Anda baik-baik saja, pemeriksaan lab juga normal". Padahal, Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda. Karena itu, bukan hal aneh jika orang bertualang dari satu dokter ke dokter lain hanya untuk mendapatkan kepastian tentang penyakitnya.

Hal itu terjadi karena tidak semua penyakit bisa langsung dinamai. Pada 30 tahun lalu, chronic fatigue syndrome (sindroma kelelahan kronis) belum dikenal sebagai sebuah penyakit. Kini, ia sudah terdaftar sebagai nama penyakit. Dalam hal inilah pengobatan modern Barat dan tradisional China berbeda.

Para penyembuh China tidak harus mengidentifikasi penyakit dengan nama atau menyandarkan pada pemeriksaan lab. Menurut Asosiasi Pengobatan Tradisional China, pemeriksaan melalui sinse itu dilandaskan pada konsultasi, pemeriksaan denyut nadi, lidah, dan mata. Hasil pemeriksaan itulah yang menjadi acuan pengobatan. Intinya, mengetahui penyakit dalam tubuh tidak selalu harus memberi nama penyakitnya.

Apakah tubuh Anda berada dalam kondisi yang bagus? Berikut ini adalah konsultasi standar sinse yang didesain oleh Asosiasi Pengobatan Tradisional China untuk mengetahui, apakah tubuh Anda cukup sehat atau tidak.

Jawablah pertanyaan berikut dengan "ya" atau "tidak"!
1.    Apakah Anda buang air besar dengan teratur setiap hari?
2.    Apakah gaya makan dan selera Anda normal? (Anda tidak kelebihan berat badan, makan dengan teratur, cukup makan buah dan sayur, dan sebagainya)
3.    Apakah Anda kencing 5-7 kali sehari tanpa rasa sakit atau kesulitan?
4.    Apakah tidur Anda nyenyak? (Anda tidak mengalami gangguan tidur, tidak mengorok atau tiba-tiba terbangun, dan sebagainya)
5.    Apakah kaki dan tangan Anda hangat, sementara wajah Anda dingin?
6.    Apakah Anda berkeringat selama beraktivitas cukup berat?
7.    Apakah Anda bangun tidur di pagi hari dengan penis ereksi (pria), atau puting tegang (wanita)?
8.    Apakah secara umum Anda terbebas dari rasa sakit?
9.    Apakah Anda tetap memiliki energi untuk melakukan sesuatu?

Jika Anda menjawab "ya" untuk semua pertanyaan di atas, menurut pengamatan awal sinse China, Anda berada dalam kondisi sehat. Jika Anda menjawab "tidak" pada salah satu pertanyaan di atas, maka mungkin ada bagian tubuh yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Yang jelas, semakin banyak Anda menjawab tidak, tubuh Anda semakin kurang sehat.

Penting : kuis ini tidak bisa menggantikan diagnosis dokter/profesional. @jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com