Jalan Mundur Sembuhkan Sakit Punggung

Kompas.com - 01/12/2009, 09:10 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com — Sakit punggung bisa disebabkan oleh gangguan tulang belakang, gangguan syaraf, dan gangguan ginjal. Tulang atau piringan yang retak atau sobek juga bisa menyebabkan sakit punggung akut.

Banyak obat dan teknik perawatan dikembangkan untuk menyembuhkan atau mencegah sakit punggung bertambah. Satu di antara, menurut buku Buddhist Healing Touch, adalah berjalan mundur.  

Caranya:  Pilih lorong yang sepi dari pejalan kaki dan lalu lintas lain. Latihan ideal dilakukan pada pagi hari ketika udara bersih. Berjalanlah mundur hingga sekitar 40 meter, lalu secara bertahap tingkatkan jarak itu. Kecepatan dan panjang langkah boleh bervariasi. Tengoklah ke belakang supaya tidak menabrak dan jatuh. Upayakan kaki Anda lurus. Bernapas biasa. Sambil berjalan, kedua tangan Anda boleh berada di samping tubuh, boleh pula sambil memukuli pinggang.

Teknik jalan mundur ini dikembangkan oleh orang Jepang. Latihan ini populer di Jepang karena meningkatkan kelenturan otot punggung dan menguatkan tulang belakang. Berjalanlah mundur menggunakan otot paha ketimbang otot betis atau bokong.

Cara ini akan mengurangi tekanan pada tempurung lutut sehingga memungkinkan Anda berlatih tanpa khawatir mengganggu bagian tubuh lain yang rawan. Banyak yang mengaku penyakitnya berkurang atau bahkan hilang dengan latihan ini. @ jjw

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.