Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Miliar Untuk Peralatan Medis RSUD

Kompas.com - 10/12/2009, 14:43 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Komisi D Bidang Kesra dan Kesehatan DPRD Kota Surabaya, Baktiono, di Surabaya, Kamis (10/12) menyatakan, persiapan operasional RSUD Bakti Dharma Husada (BDH), hampir 100 persen.

Sarana bangunan fisik sudah selesai dikerjakan sementara peralatan kesehatan saat ini sedang dalam proses pemasangan.

"Kami berharap setelah diresmikan, semua yang ada di rumah sakit sudah bisa dioperasionalkan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Esti Martiana Rachmie mengatakan, telah menganggarkan Rp 20 miliar untuk membeli peralatan medis seperti peralatan operasi, ranjang, dan lainnya.

Sedangkan untuk kesiapan sumber daya manusia, sudah disiapkan sejumlah tenaga medis.

Diperkirakan kebutuhan tenaga kerja di RSUD BDH sekitar 200 orang, yang terdiri tenaga medis, para medis dan tenaga pendukung lainnya. Sedangkan daya tampung RSUD ini mencapai 229 pasien.

Tahap awal, baru bisa menampung 119 pasien karena disesuaikan dengan jumlah ranjang yang tersedia. Selain itu juga di sana ada ruang spesialis obsgyn, dalam, anak dan bedah.

"Spesialis lainnya akan menyusul. Maka diharapkan setelah beroperasi, kami akan mengusulkan kenaikan tipe C menjadi tipe B sesuai dengan kondisi rumah sakit yang ada," kata Esti Martiana Rachmie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com