Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuhan Sekitar Lebih Mujarab Dibanding Obat Kimia

Kompas.com - 15/12/2009, 16:14 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu manfaat dan kegunaan tanaman obat keluarga atau toga sebagai penyembuh penyakit. Masyarakat masih menginginkan mencari obat instan atau obat kimia agar penyakitnya cepat sembuh meskipun biayanya cukup besar. Hal itu disampaikan pakar Toga dari Yayasan Wisnu Wardana Surabaya, Prapto Ma'ad saat penyuluhan hidup sehat bersama toga di Gresik, Selasa (15/12/2009).

"Ini yang perlu kita bangun bersama, bahwa sebenarnya tanaman yang ada di sekitar kita justru mempunyai khasiat yang paling mujarab, jika kita bisa dan memanfaatkannya. Memasuki musim pancaroba tentu membutuhkan persiapan sejak dini, khususnya persiapan ke sehatan dalam menghadapinya. Toga bisa menjadi solusinya," kata Prapto.

Prapto, yang juga penggagas konsep stimuno itu menjelaskan pada dasarnya toga di sekitar kita mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Cara mengolahnya cukup sederhana dan tidak butuh biaya besar. Labu siam atau manisa sangat bermanfaat besar dan cepat menurunkan kolesterol bila di banding obat kimia sekali pun," katanya mencontohkan.

Dia mengingatkan dalam menghadapi musim pancaroba saat ini para ibu harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan anak-anak. Ibu-ibu dianjurkan membuat ramuan dari meniran, meniran diperas dan diminumkan tiga kali sehari. "Meniran berfungsi meningkatkan sistem ketahanan tubuh baik untuk anak maupun orang dewasa. Meniran juga bermanfaat sebagai pengobatan kanker yang paling manjur," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com