Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Cerdas Lewat Posyandu

Kompas.com - 15/01/2010, 21:05 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com — Praktisi kesehatan dr W Rizal mengharapkan agar pos pelayanan terpadu atau posyandu ke depan tidak hanya sebagai tempat perawatan kesehatan, tetapi juga menjadi sarana pengembangan kecerdasan bagi anak.
   
"Selama ini posyandu hanya menjalankan fungsinya sebagai sarana pelayanan kesehatan. Paradigma itu ke depan harus diubah. Posyandu juga harus menjadi sarana mendukung kecerdasan anak," kata Rizal yang kini menjadi petugas medis di Puskesmas Kaungcaan Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang seusai peletakan batu pertama pembangunan Posyandu Plus di Kampung Parasi Kecamatan Cadasari, Jumat (15/1/2010).
   
Peletakan batu pertama pembangunan posyandu itu dilakukan Bupati Pandeglang Erwan Kutubi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Enan Tosin dan para pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pandeglang. Saat ini posyandu terlalu fokus pada konsep tumbuh-kembang, dengan hanya melaksanakan pemantauan pertumbuhan balita, di antaranya menimbang dan memberikan imunisasi.
   
Diharapkan, ke depan, posyandu jangan cuma memantau perkembangan balita secara fisiknya saja, melainkan juga perkembangan pikirannya.
   
Ia juga mengharapkan agar pemerintah memberikan perhatian lebih pada posyandu, termasuk dalam menentukan lokasi pembangunannya. "Selama ini, posyandu selalu dibangun pada lokasi yang relatif sempit, ke depan tidak bisa lagi seperti itu," ujarnya.
   
Posyandu, kata dia, harus dibangun pada area yang cukup luas sehingga memiliki lahan guna membangun ruangan untuk kegiatan belajar dan ruang baca bagi anak-anak yang datang ke tempat itu.
   
Rizal juga menjelaskan, Posyandu Plus yang pembangunannya baru akan dimulai itu nantinya tidak hanya sebagai tempat perawatan balita, tetapi juga sarana pengembangan kecerdasan dengan menyediakan sarana bermain, belajar, dan ruang baca. "Saya harapkan Posyandu Plus yang kini sedang dibangun ini nantinya menjadi percontohan dan ke depan akan banyak lagi Posyandu Plus lainnya di berbagai daerah," ujarnya.
   
Bupati Pandeglang Erwan Kutubi mengaku sangat respons dengan keinginan agar posyandu tidak hanya sebagai tempat perawatan kesehatan balita, tetapi juga sarana untuk mengembangkan kecerdasan anak.
   
"Saya kira itu bagus, dan ke depan kami akan berusaha untuk mewujudkan konsep tersebut pada setiap posyandu yang ada di Pandeglang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com