Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Negara untuk Anak Jalanan Masih Kurang

Kompas.com - 27/01/2010, 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggaran negara untuk penanganan masalah anak-anak jalanan ternyata masih jauh di bawah kebutuhan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Sosial Anak Kementerian Sosial Makmur Sunusi, dalam rapat koordinasi nasional perlindungan anak jalanan di Kantor Kementerian Sosial, Rabu (27/1/2010).

"Anggaran negara untuk anak-anak terutama anak-anak marjinal seperti masalah anak-anak jalanan ini masih terbatas jika dibandingkan anggaran-anggaran untuk masalah ekonomi. Makanya, terkadang ada kendala juga bagi Depsos untuk mewujudkan program-program penanganan anak jalanan," ujar Makmur.

Karena itu, menurut Dirjen Pelayanan Sosial Anak itu, diperlukan kebijakan yang ekstrem dari pemerintah pusat untuk mengoptimalkan anggaran bagi penanganan anak-anak marjinal.

"Perlu ada kebijakan yang ekstrem dari pemerintah untuk menaikkan anggaran, dan Depsos juga sedang mengupayakan hal ini," katanya.

Salah satu upaya Kementerian Sosial dalam menyikapi masalah anggaran tersebut adalah dengan mengadakan rapat koordinasi nasional perlindungan anak jalanan. Rencananya, Kemsos akan melaporkan hasil rapat tersebut langsung ke hadapan Presiden SBY untuk merekomendasikan kenaikan anggaran pemerintah bagi program-program penanganan anak-anak jalanan pada 2010 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com