Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamu Asam Urat dan Sehat Lelaki Isinya Sama

Kompas.com - 09/02/2010, 18:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Anda yang sering mengonsumsi jamu tradisional, berhati-hatilah. Berbagai jenis jamu palsu yang akan mengancam kesehatan Anda diperkirakan masih beredar di pasaran.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang mengungkapkan, pihaknya telah menggerebek lima pabrik jamu di daerah Cilacap dan Banyumas. Lima pabrik yang telah lama beroperasi dan beromzet miliaran per bulan itu memasarkan produknya ke semua wilayah Indonesia.

Menurutnya, polisi menangkap tiga orang dengan inisial W, S, dan S yang berperan sebagai pemilik dan pengelola pabrik. Mereka membuat jamu tanpa ada izin dari Badan POM dan mereka membuatnya dengan bahan yang telah dicampur bahan kimia.

"Bayangkan, mau jamu asam urat, jamu sehat laki-laki, isinya sama semua, cuma beda kemasan. Begitu kedaluwarsa, ditarik oleh mereka lalu diganti kemasannya saja. Jamu itu paling banyak dikonsumsi masyarakat bawah," ungkap Edward di PTIK Jakarta, Selasa (9/2/2010).

Ia mengatakan, dokter saja memberikan obat pakai dosis. Kalau melewati dosis, obat itu bisa merusak organ. "Bayangkan kalau masyarakat bawah yang minum sekian lama. Ini menyangkut kesehatan masyarakat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com