Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil, Hindari Nonton Film Horor!

Kompas.com - 12/03/2010, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan emosi yang dialami ibu hamil akan berpengaruh pada janinnya. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari stres karena stres DAPAT menghambat asupan oksigen untuk janin. Pikiran yang rileks akan membuat kehamilan nyaman dan janin sehat.

Para ahli menyarankan agar ibu hamil menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan stres. Salah satu hal yang perlu dihindari adalah menonton film yang menegangkan. Hal ini karena janin mampu merasakan gejolak emosi yang dirasakan ibunya.

Dalam sebuah penelitian diketahui, saat ibu menonton film yang menyenangkan, seperti The Sound of Music, janin akan ikut tenang dan gembira. Sementara itu, saat ibu menonton film horor atau film yang menguras air mata, janin ikut terdiam dan melemah seiring dengan gejolak emosi ibu.

Kendati belum diketahui bagaimana janin mampu mengenali perbedaan emosi ibunya, namun para ahli menduga perubahan hormon yang dipicu oleh emosi yang ditimbulkan oleh film akan dipancarkan secara tidak langsung pada janin.

Dalam penelitian tersebut, 10 ibu hamil diminta menonton potongan film yang berbeda genre, yakni film The Sound of Music dan film yang menguras air mata, The Champ. Kemudian para ahli memonitor gerakan yang dilakukan para janin saat ibu mereka menonton film-film tersebut dengan menggunakan pemindaian ultrasound.

Berbagai literatur telah menyebutkan ibu hamil yang menderita stres beresiko tinggi mengalami kelahiran prematur. Bayi yang lahir dari ibu yang stres juga diketahui memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah, cenderung hiperaktif dan mengalami masalah emosional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com