Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemkes Latih 11.000 Tenaga Medis Haji

Kompas.com - 13/07/2010, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, terkait penyelenggaraan ibadah haji 2010, Kementerian Kesehatan saat ini tengah melatih sekitar 11.000 tenaga medis yang akan diturunkan guna mendampingi jemaah haji di bidang kesehatan.

Sekitar 11.000 tenaga medis akan mendampingi jemaah haji, mulai dari titik keberangkatan hingga kepulangan. "Kami juga akan menempatkan tenaga medis di Mekkah dan Madinah hingga H+10," kata Endang seusai mengikuti rapat kabinet terbatas yang membahas soal penyelenggaraan ibadah haji 2010 di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/7/2010).

Ratas dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Tenaga medis yang tinggal di Mekkah dan Madinah hingga 10 hari setelah kloter terakhir jemaah haji pulang ke Tanah Air ditujukan untuk merawat jemaah haji yang mungkin masih membutuhkan perawatan di rumah sakit lokal di negara tersebut.

Kemkes, sambung Endang, juga akan mendirikan semacam posko kesehatan setara dengan rumah sakit tipe C yang memiliki 180 kasur di Mekkah, dan posko kesehatan yang memiliki 50 tempat tidur di Madinah.

Menurut Endang, tenaga medis ini telah disaring dari sekitar 35.000 orang yang mendaftar secara online. Soal vaksinasi meningitis, Menkes mengatakan akan mendistribusikannya ke berbagai rumah sakit dan puskesmas di seluruh Indonesia setelah lebaran.

Secara medis, vaksin meningitis harus diberikan selambat-lambatnya dua minggu sebelum kloter pertama jemaah haji berangkat. Seperti diwartakan, pemberian vaksin meningitis sesuai amanat UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. "Pemerintah wajib memberikan perlindungan kepada calon jamaah haji. Salah satu bentuk perlindungan terhadap ancaman penyakit melalui vaksinasi meningitis," katanya.

Menurut Menkes, meningitis sampai sekarang masih menjadi ancaman, baik untuk jamaah haji maupun umroh karena pada saat melakukan ibadah tersebut orang-orang yang berada disana datang dari berbagai penjuru dunia, termasuk negara-negara di mana meningitis itu masih endemis, khususnya dari benua Afrika.

Kasus Meningitis pada jamaah haji Indonesia pernah terjadi pada tahun 1987, di mana terdapat 99 orang jamaah yang tertular meningitis dan 40 orang diantaranya meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com