Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantul Kekurangan Benih Bawang Merah

Kompas.com - 21/07/2010, 20:08 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Hasil panen yang buruk akibat anomali cuaca membuat pasokan benih bawang merah di Bantul tak memadai. Dari kebutuhan sekitar 720 ton, baru tercukupi 550 ton. Jika petani menghendaki suplai benih, Pemerintah Kabupaten Bantul siap mencarikan pasokan.

"Kebutuhan benih untuk tiap hektar mencapai 0,9 ton. Di Bantul tiap musim tanam luas arealnya berkisar 800 hektar, sehingga kebutuhan totalnya 720 ton," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Edy Suharyanto, Rabu (21/7/2010).

Menurutnya, sebagian besar hasil panen petani kurang memuaskan. Hasilnya jauh di bawah standar. Produktivitas standar berkisar 12 ton per hektar, namun karena faktor cuaca turun menjadi 8 ton per hektar. Sebagian lahan juga gagal panen total.

Dia mengatakan, Pemkab siap mengadakan pasokan benih bila petani menghendaki. Namun, sejauh ini belum ada petani yang mengajukan. "Diperkirakan ada sejumlah petani yang beralih ke komoditas lain karena kehabisan modal, akibat hasil panen buruk. Pengalihan komoditas membuat areal tanam menyusut sehingga produksi bawang merah akan ikut turun," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com