Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Berdisiplin Menjalani Diet Sehat

Kompas.com - 27/07/2010, 11:18 WIB

KOMPAS.com — Informasi seputar diet sehat pastinya mudah diakses dari berbagai media, tetapi apakah Anda sering merasa kesulitan untuk menjalankannya secara konsisten? Pola hidup sehat perlu diupayakan, salah satunya dengan menemukan mentor yang tepat.

Pemenang Soyjoy Healthylicious, Yuliana Tan, mengungkapkan bahwa pemahaman yang tepat dari pakar dan catatan kesehatan hasil medical check up sangat memotivasi dirinya. Artinya, muncul kesadaran yang lebih besar untuk mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat.

"Menjaga pola makan sehat perlu diupayakan, apalagi setelah mendapat pemahaman dari pakarnya. Dengan begitu, kita bisa tahu kondisi badan dan bagaimana mengubah kebiasaan dengan teknik yang tepat," kata Yuli kepada Kompas Female di Jakarta, Senin (26/7/2010) lalu.

Bagaimanapun, setiap orang tentunya bisa memotivasi diri dari berbagai informasi yang didapatnya. Kebanyakan orang juga sudah menyadari pentingnya menjalani pola hidup sehat. Namun, berapa banyak yang gagal karena tidak memiliki panduan dan teknik yang tepat?

Konsultasi dengan pakar dan lakukan "medical check up"

Berkonsultasi dengan pakar nutrisi bisa menjadi solusi awal mengenal pola makan sehat. Selanjutnya, melakukan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif juga sangat penting. Anda bisa mengenali kondisi tubuh dan mencari solusi dari masalah yang berbeda pada setiap orang, berangkat dari catatan medis.

"Dari pengalaman mengikuti kompetisi, saya merekomendasikan medical check up kepada orangtua. Karena dengan cara ini, kita bisa mengetahui cara yang tepat mencegah penyakit, meski kondisi setiap orang berbeda dan penanganannya juga tak sama," jelas Yuli, yang mengaku lebih memahami tubuhnya setelah medical check up.

Hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan laju endap darah dalam tubuhnya tinggi sehingga berpotensi gemuk. Dengan panduan inilah, Yuli lebih disiplin mengatur pola makannya. Sedangkan pemahaman lain yang didapatnya dari kompetisi gaya hidup sehat ini adalah kelas nutrisi yang disampaikan pakar nutrisi. Informasi yang didapatkan Yuli cukup lengkap, mulai pengetahuan seputar jenis makanan, memilih dan memilah makanan, hingga anatomi organ tubuh.

Sebaiknya simpan dan pelajari terus-menerus materi yang Anda dapatkan mengenai nutrisi, seperti yang dilakukan Yuli. Mendapatkan pemahamanan tentang pola makan yang tepat dari ahli akan memberikan pengalaman berbeda yang membuat Anda semakin termotivasi.

"Penjelasan dari ahlinya lebih mampu memberikan kesadaran dan lebih memotivasi diri," aku Yuli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com