Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pfizer Mengajak Perempuan Lebih Peduli

Kompas.com - 23/08/2010, 07:34 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 50 perempuan antusias mengikuti kampanye Pfizer Woman Care, yang digelar kedua kalinya selama Agustus 2010. Melalui program Healthy Chit Chat yang bertema peduli perempuan, Pfizer kembali mengingatkan dan mengajak perempuan untuk lebih peduli dengan kesehatan tubuhnya.

Terdapat tiga penyakit umum yang perlu diperhatikan perempuan. Dua di antaranya seringkali dinilai sepele, namun risiko yang ditimbulkannya mengancam kesehatan perempuan, fisik maupun psikis. Pertama kanker payudara. Penyakit pada perempuan ini tak dianggap sepele, namun masih banyak perempuan yang kurang peduli untuk mendeteksi dini gejalanya. Penyakit pembunuh nomor dua di Indonesia, setelah kanker serviks ini, sangat bisa diatasi jika saja perempuan lebih sadar dan mengetahui bagaimana mengenali gejala awal untuk mencari solusi kesehatannya.

Sedangkan dua penyakit lainnya, overactive bladder (OAB, atau kelainan ginjal hiperaktif) dan keputihan, sepintas dianggap masalah kecil tanpa disadari bahwa risikonya pun besar.

"Memang belum ada survei spesifik mengenai bagaimana tingkat kepedulian perempuan terhadap penyakit ini. Namun bisa dilihat masyarakat sudah semakin sadar dengan kanker payudara. Tetapi OAB dan keputihan masih dianggap sepele. Kegiatan edukasi dan entertainment untuk perempuan ini ingin meningkatkan awareness perempuan atas penyakit ini, dengan pemeriksaan dini dan terapi melalui obat," kata Andriani Ganeswari, Marketing Communications Senior Manager Worldwide Biopharmaceutical Businesses PT Pfizer Indonesia kepada Kompas Female di sela kegiatan Healthy Chit Chat, Sabtu ( 21/8/2010) lalu.

OAB (atau nama populernya "beser") tidak diketahui penyebabnya. Penyakit yang membuat perempuan berkemih lebih dari normal, yakni lebih dari delapan kali dalam 24 jam di luar waktu tidur ini, tak bisa disembuhkan namun bisa diperbaiki kondisinya. Pencegahan bisa dengan asupan makanan dan minuman, terapi perilaku dan obat.

Begitupun dengan keputihan. Penyakit yang disebabkan bakteri dan atau jamur ini bisa dicegah dengan mengontrol asupan makanan, menjaga organ intim, dan terapi obat.

Melalui kampanye yang sudah digelar sejak 2008, Pfizer mengajak perempuan untuk sadar lebih dini dan teredukasi agar lebih mampu menjaga kesehatan fisik maupun organ tubuhnya. Jika Sabtu lalu para perempuan diajak berbincang tentang tiga penyakit tersebut, dan dihibur dengan berbagai game, serta mendapatkan tips kecantikan, Pfizer akan terus mengembangkan program edutainment ini hingga November 2010 dengan variasi kemasan acaranya.

"Format acara sebelumnya pada tahun ini, fun cooking. Tahun 2009 dengan roadshow membuka booth di beberapa rumah sakit ibu dan anak. Sementara program kampanye ini memang hanya digelar di Jakarta," tandas Anes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com