Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik? Lapor RT Dulu

Kompas.com - 31/08/2010, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau kepada para pemudik Lebaran untuk melapor kepada ketua RT dan RW sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung.

"Pemudik kalau mau berangkat hendaknya melapor kepada Ketua RT dan RW untuk menitipkan rumahnya ke Pak RT dan RW. Setidaknya nanti rumahnya ada yang menjaga," kata Fauzi Bowo yang lebih akrab dipanggil Foke di Balai Kota DKI, Selasa (31/8/2010).

Foke juga berpesan agar pemudik memastikan rumahnya sudah terkunci dengan baik untuk mencegah pencurian.

Gubernur memerintahkan ketua-ketua RT dan RW untuk memperketat pengamanan dengan meningkatkan patroli siskamling di daerah masing-masing, bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI.

Selain itu, pemudik disarankan memeriksa ulang kendaraan yang akan dipakai untuk pulang kampung.

"Sebelum melakukan perjalanan, kendaraan diperiksa terlebih dahulu agar tidak mogok di jalan. Keselamatan dan kelaikan kendaraan harus dipastikan aman," katanya.

Foke juga melarang pemudik bersepeda motor mengangkut penumpang melebihi kapasitasnya.

"Tempat duduk yang ada di motor itu untuk dua orang jangan dinaikkin sepuluh orang. Berpikirlah yang jernih kalau mau menggunakan sepeda motor. Gunakan sesuai ketentuan aturan kelaikannya dan patuhi aturan-aturan polisi selama perjalanan mudik," katanya.

Foke meminta pemudik tidak membawa sanak saudaranya dari kampung ketika kembali ke Jakarta bila tidak mempunyai pekerjaan.

"Saya tidak ingin memulangkan keluarganya jika nanti terkena razia kependudukan yang akan kami lakukan," kata Gubernur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com